10 Protokol Ketat La Liga Spanyol di Masa Pandemi Corona-Spekta Sports

Hasil Liga Spanyol: Barcelona Kalah 0-2 dari Valencia

Jakarta, CNN Indonesia — Peraturan ketat dibuatĀ La Liga Spanyol saat klub-klub peserta kembali menggelar latihan bersama di masa pandemiĀ virus corona mulai pekan ini.

Protokol itu hadir sebagai bagian dari persiapan digelar kembali Liga Spanyol musim ini. Panduan tersebut tidak saja berlaku untuk pemain, tetapi juga tim pelatih dan staf klub.

Berikut 10 panduan latihan La Liga di masa pandemi Covid-29 berdasarkan rilis yang diterima CNNIndonesia.com:
1. Perilaku Pribadi

Para pemain diminta mengikuti peraturan tentang pembatasan sosial. Dimulai dari mencuci tangan, menutup mulut dan hidung, hingga menjaga jarak setidaknya dua meter dari rekan setim dan staf klub.

2. Tes Covid-19

Sebelum melakukan latihan rutin para pemain, pelatih, dan staf klub wajib mengikuti tes Covid-19, termasuk tes PCR dan antibodi. Tes berkala juga dilakukan sebelum latihan dimulai.

3. Disinfeksi Tempat Latihan

Setiap tempat latihan dan seluruh fasilitas klub akan disterilkan menggunakan disinfektan sebelum pemain atau staf kembali beraktivitas dengan mengikuti instruksi otoritas kesehatan. Pembersihan dilanjutkan berkala setelah latihan.

[Gambas:Video CNN]

4. Komunikasi

Pemain akan mendapatkan jadwal dan cara mengakses fasilitas latihan di komputer, telepon seluler, atau tablet yang akan dikirimkan pihak klub pada malam sebelum datang ke tempat latihan.

5. Transportasi

Pemain dan staf klub datang ke tempat latihan dengan menggunakan mobil pribadi, yang secara berkala dibersihkan serta disemprot disinfektan. Kendaraan ini harus sama setiap harinya.

https://www.cnnindonesia.com/

6. Masker dan Sarung Tangan

Saat tiba dan beraktivitas di tempat latihan, pemain diwajibkan mengenakan masker serta sarung tangan.

7. Kelompok Kecil

Dalam latihan, maksimal hanya enam pemain yang diizinkan berlatih di setiap lapangan dengan selalu menjaga jarak aman antarpemain. Selain itu, maksimal dua pemain di pusat kebugaran dengan tetap menjaga jarak.

8. Seragam

Pemain dan staf mengenakan seragam serta sepatu latihan saat tiba di fasilitas latihan. Setelah berlatih mereka akan mendapatkan kantong yang bisa didaur ulang berisi seragam untuk hari berikutnya.

Pada hari berikutnya, seragam yang telah digunakan ditempatkan di kontainer khusus di tempat latihan untuk dicuci staf klub.

9. Kontak dengan Orang Lain

Demi keselamatan pemain, staf, dan orang-orang yang mereka cintai serta rekan setimnya, disarankan agar tidak menerima tamu selama fase protokol.

10. Fisioterapis

Pemain disarankan menghindari penggunaan fisioterapi. Jika perlu, mereka harus selalu ditangani oleh orang yang sama. (sry/har)





berita olahraga