3 Pengkhianat El Clasico, Termasuk Luis Milla

3 Pengkhianat El Clasico, Termasuk Luis Milla-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Tak berlebihan jika Barcelona vs Real Madrid disebut seteru abadi. Tak jarang, setiap pemain yang pindah ke klub rival dianggap sebagai pengkhianat.

Perseteruan kedua tim raksasa Spanyol tersebut tak menghentikan pemain menyeberang ke klub rival. Situasi ini sering jadi bumbu penyedap laga berjuluk El Clasico.

Berikut lima pemain yang pernah mengenakan seragam Barcelona dan Real Madrid dan terkadang dicap sebagai pengkhianat oleh mantan klubnya:

1. Luis Figo

Figo mungkin jadi sosok yang paling membekas di hari suporter kedua klub. Apalagi Figo sama-sama membela Barcelona dan Real Madrid selama lima tahun.

Legenda sepak bola Portugal itu lebih dulu sukes bersama Barcelona mulai 1995. Setelah berhasil menyumbangkan tujuh gelar untuk Barcelona, Figo tiba-tiba pindah ke Madrid pada 2000 sekaligus menjadikannya pemain termahal di dunia saat itu.

Figo pun menjadi sasaran fan Blaugrana ketika El Clasico berlangsung di Camp Nou. Ia pernah dilempari koin, bola golf, hingga kepala babi.

2. Luis Enrique

Berbeda dengan Figo, Enrique justru kebalikannya. Lebih dulu tenar bersama Madrid, namun ia menerima pinangan sang rival: Barcelona.

Luis Enrique juga dilabeli pengkhianat oleh fan Madrid.Luis Enrique juga dilabeli pengkhianat oleh fan Madrid. (AFP PHOTO/ JAVIER SORIANO)

Enrique mengenakan seragam Real Madrid selama lima musim pada tahun 1991-1996. Namun, saat mengetahui kontraknya tidak akan diperpanjang, Enrique malah pindah ke Barcelona dengan status bebas transfer.

Fan Madrid sempat meneror Enrique kala berkunjung ke Santiago Bernabeu. Meski demikian, Enrique jadi salah satu pemain yang sanggup mencetak gol di El Clasico baik untuk Madrid maupun Barcelona.

3. Luis Milla

Milla merupakan jebolan akademi Barcelona yang kini dikenal sebagai La Masia. Setelah enam musim bermain di tim utama Barca, Milla hijrah Madrid dengan status bebas transfer.

3 Pengkhianat El Clasico, Termasuk Luis Milla

Ia sempat mengalami cedera serius di awal karier bersama Los Blancis tapi berhasil bangkit dan menembus tim utama. Ia menghabiskan tujuh tahun di Bernabeu dengan dua gelar La Liga. (jun/ptr)





berita olahraga