5 Klub Bola Asing yang Pernah Dimiliki Pengusaha Indonesia

5 Klub Bola Asing yang Pernah Dimiliki Pengusaha Indonesia-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Sejumlah klub top sepak bola di dunia pernah dimiliki oleh pengusaha Indonesia. Berikut lima klub yang pernah dibeli oleh orang Indonesia.

Como dikabarkan dibeli oleh pengusaha Indonesia, Robert Budi Hartono, melalui perusahaan Sent Entertainment Ltd.

Sebelum Como, ada sejumlah klub sepak bola top di dunia yang juga pernah dimiliki oleh orang Indonesia.

Berikut lima klub luar negeri yang pernah dimiliki orang Indonesia:

Inter Milan (Liga Italia)

Pembelian Inter Milan oleh Erick Thohir adalah hal paling mengejutkan dalam sejarah kepemilikan klub asing oleh orang Indonesia.

Inter Milan adalah klub besar di Eropa dengan sejarah prestasi yang panjang. Pada tahun 2013, Massimo Moratti yang merupakan pemilik Inter Milan melepas 70 persen saham klub ke tangan Erick Thohir.

4 Klub Luar Negeri yang Pernah Dimiliki Orang IndonesiaInter Academy Indonesia, program yang dijalankan semasa Erick Thohir jadi Presiden Inter. ( ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Kehadiran Erick Thohir sebagai presiden Inter Milan mendobrak tradisi panjang Inter yang selama ini dikuasai oleh keluarga Moratti.

Erick Thohir akhirnya melepas saham Inter Milan pada 2019, setelah beberapa waktu sebelumnya juga melepas beberapa bagian saham yang dimiliki.

Inter di era kepemimpinan Erick Thohir sempat mendapat kritik dari pendukung lantaran kesulitan berprestasi.

Leicester City (Liga Inggris)

Leicester City mengejutkan dunia saat mampu jadi juara Liga Inggris pada musim 2015/2016. Lima tahun sebelumnya, Iman Arif yang pernah jadi Ketua Badan Tim Nasional (BTN) juga sempat memiliki sebagian saham Leicester.

Iman Arif pernah memiliki 20 persen saham Leicester City.Iman Arif pernah memiliki 20 persen saham Leicester City. (AP Photo/Jon Super)

Iman mengatakan tujuan dirinya membeli saham Leicester saat itu adalah untuk jadi pintu masuk pemain-pemain muda Indonesia ke kompetisi Eropa.

Iman hanya satu tahun duduk di jajaran direksi karena prosedur masuk untuk pemain muda Indonesia tidak menjadi lebih mudah meski ia jadi pemegang saham. Iman kemudian melepas saham tersebut.

DC United (MLS)

DC United adalah awal mula Erick terjun sebagai pemilik klub sepak bola. Sebelumnya, Erick lebih sering berkiprah di dunia bola basket. Setelah memiliki klub basket Satria Muda, Erick Thohir melakukan lompatan besar dengan membeli saham Philadelphia 76ers.

Setelah membeli DC United di 2012, Erick Thohir melepas saham klub MLS tersebut pada 2018.

[Gambas:Video CNN]

CS Visse (Liga Belgia)

Bakrie Grup pernah memiliki klub Belgia bernama CS Visse. Di klub ini, sejumlah pemain muda Indonesia yang pernah ditempa di Uruguay lewat program SAD Indonesia melanjutkan kariernya.

4 Klub Luar Negeri yang Pernah Dimiliki Orang Indonesia

Alfin Tuasalamony, Syamsir Alam, Manahati Lestusen, dan Abdul Rahman Lestaluhu adalah pemain yang pernah berkostum CS Visse.

Brisbane Roar (Bakrie Group)

Pada tahun 2012, Bakrie Grup juga membeli Brisbane Roar yang berlaga di Liga Australia.

Meski sempat dirumorkan bakal melepas kepemilikan Brisbane Roar, Bakrie Grup masih jadi pemilik Brisbane Roar.

Dalam era kepemilikan Bakrie Group, Brisbane Roar pernah jadi juara A-League pada 2013/2014. (ptr/har)





berita olahraga