Resmi: Takumi Minamino Gabung Liverpool

5 Pemain Jepang Pendahulu Minamino di Liga Inggris-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Takumi Minamino resmi menandatangani kontrak empat setengah tahun di Liverpool. Sebelumnya, ada lima pemain Jepang yang sudah mencicipi ketatnya persaingan di Liga Inggris.

The Guardian melansir, Minamino ditebus dengan harga 7,25 juta poundsterling lewat pembebasan klausul kontrak dari Salzburg. Ia bukan pemain Jepang pertama yang merumput di Premier League.

Berikut lima pemain Jepang yang pernah berkiprah di Liga Inggris sebelum Minamino memulai karier bersama Liverpool:

1. Junichi Inamoto

Junichi Inamoto gagal bersinar di Arsenal.Junichi Inamoto gagal bersinar di Arsenal. (AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA)

Inamoto pernah menjadi buah bibir setelah gabung Arsenal pada 2001. Namun, ia hanya berstatus pemain pinjaman selama semusim dan gagal mencuri perhatian manajer Arsene Wenger.

Kendati demikian, pemain jebolan Gamba Osaka tersebut sempat mencicipi karier di beberapa klub Inggris lainnya. Ia sempat gabung Fulham, West Bromwich Albion, dan Cardiff City.

Sayang, kariernya tidak terlalu mentereng dan memutuskan cari peruntungan keluar dari Liga Inggris. Ia pernah membela Galatasaray, Eintracht Frankfurt, Stade Rennes, hingga memutuskan kembali ke klub Liga Jepang.

2. Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata hanya semusim di Premier League.Hidetoshi Nakata hanya semusim di Premier League. (AFP PHOTO/ANTONIO SCORZA)

Legenda timnas Jepang, Nakata, juga pernah mencicipi Premier League setelah sukses di Liga Italia. Nakata jadi pemain Bolton Wanderers pada musim 2005/2006.

Meski berlabel bintang, Nakata mengikuti jejak Inamoto yang gagal bersinar di Liga Inggris. Ia hanya bermain selama semusim dan menjadikan Bolton Wanderers sebagai klub profesional terakhirnya.

3. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa hanya dua musim di MU.Shinji Kagawa hanya dua musim di MU. (AFP PHOTO / KAZUHIRO NOGI)

Kagawa yang bersinar bersama Borussia Dortmund digadang bakal jadi pemain Jepang tersukses di Liga Inggris setelah resmi gabung Manchester United pada 2012.

Namun, sinar Kagawa di MU tak seterang saat berseragam Dortmund. Ia hanya bertahan dua musim di Old Trafford dan memutuskan kembali ke Die Borussen pada 2014.

Kagawa sempat dipinjamkan ke Besiktas hingga dipermanenkan Real Zaragoza.

4. Maya Yoshida

Maya Yoshida pemain Jepang yang paling awet di Liga Inggris.Maya Yoshida pemain Jepang yang paling awet di Liga Inggris. (Filippo MONTEFORTE / AFP)

Yoshida tercatat sebagai pemain Jepang paling awet saat menjalani karier di Liga Inggris. Pemain jebolan Nagoya Grampus itu masih bertahan di Southampton sejak kali pertama gabung pada 2012.

Sejauh ini Yoshida tercatat sudah menjalani 193 pertandingan dengan torehan sembilan gol dan empat assist bersama Southampton.

5. Shinji Okazaki

Okazaki bisa dibilang sebagai pemain Jepang tersukses di Liga Inggris. Penyerang kelahiran Takarazuka itu ikut mengantar Leicester City juara Premier League 2015/2016.

Sayang, Okazaki memutuskan hijrah setelah Leicester juara. Ia kini mencoba peruntungan bersama Huesca setelah gagal bersinar bersama Malaga di Liga Spanyol. (jun/ptr)





berita olahraga