5 Pertanyaan Penting Jelang El Clasico Barcelona vs Madrid

5 Pertanyaan Penting Jelang El Clasico Barcelona vs Madrid-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Ada beberapa pertanyaan penting yang akan terjawab pada laga El Clasico Liga Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid di Stadion Camp Nou, Rabu (18/12) malam waktu setempat.

El Clasico jilid pertama musim ini akan digelar di Camp Nou. Dikutip dari Marca, ada lima pertanyaan penting yang muncul jelang El Clasico dan bisa terjawab pada Barcelona vs Madrid dini hari nanti.

1. Apakah Valverde akan menjaga Messi?

Dengan Casemiro kembali ke posisi gelandang bertahan Madrid, Federico Valverde berpeluang mendapat peran baru dari Zinedine Zidane. Gelandang asal Uruguay itu bisa menjadi ‘rival’ yang merepotkan Messi.

Federico Valverde (tengah) bisa ditugaskan menjaga Lionel Messi.Federico Valverde (tengah) bisa ditugaskan menjaga Lionel Messi. (AP Photo/Manu Fernandez)

Beberapa musim lalu Zidane pernah memberi peran itu kepada Mateo Kovacic pada 2017. Keputusan itu berakhir buruk setelah Madrid kalah 0-3 dari Barcelona, dan Kovacic dianggap sebagai biang kekalahan Los Blancos karena dianggap gagal membendung permainan Messi.

2. Siapa yang akan memiliki penguasaan bola lebih banyak?

Dalam satu dekade terakhir Barcelona selalu mampu memiliki penguasaan bola lebih banyak daripada Madrid di El Clasico. Tren itu bisa kembali terjadi kali ini meski Barcelona asuhan Ernesto Valverde tidak menganut tikitaka.

Statistik musim ini menunjukkan Barcelona masih menjadi tim dengan persentase penguasaan bola terbanyak di Liga Spanyol dengan 64,1 persen. Sementara Madrid memiliki rataan 58,5 persen per pertandingan.

3. Siapa yang melakukan blunder di lini pertahanan?

Bek Madrid Sergio Ramos dan bek Barcelona Gerard Pique merupakan kunci pertahanan masing-masing klub di El Clasico dalam satu dekade terakhir. Namun, kedua pemain sering mendapat kritikan karena melakukan blunder. Kedua pemain veteran itu berpeluang kembali mendapat sorotan negatif karena melakukan blunder.

Sergio Ramos sering mendapat kritikan di El Clasico.Sergio Ramos sering mendapat kritikan di El Clasico. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

4. Siapa yang akan jadi pemain bayangan?

Valverde dan Zidane diprediksi akan memberi peran pemain bayangan kepada satu pemain. Pemain itu berpeluang menjadi penentu karena mendapat peran yang bebas.

5 Pertanyaan Penting Jelang El Clasico Barcelona vs Madrid

Di kubu Barcelona ada nama Antoine Griezmann yang berpeluang bermain di antara Casemiro dan Dani Carvajal di sisi kanan pertahanan Madrid. Sementara Zidane bisa memainkan Isco yang berpeluang memanfaatkan ruang kosong antara Frenkie De Jong dan Sergio Busquets.

5. Siapa yang akan jadi pahlawan kejutan?

Ansu Fati bisa menjadi bintang Barcelona di El Clasico pada masa depan, begitu juga dengan Rodrygo dan Vinicius di kubu Madrid. Namun, ketiga pemain muda itu bisa menjadi pahlawan kejutan bagi klub masing-masing di El Clasico. (har/jun)





berita olahraga