Khabib: Saya Bisa Habisi Ferguson di Pertarungan Jalanan

5 Sejarah Duel Khabib vs Ferguson yang Batal-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Duel Khabib Nurmagomedov vs Tony Ferguson dipastikan tidak akan terjadi di UFC 249. Pertarungan ini urung terlaksana karena Khabib memutuskan mundur dari pertarungan tersebut.

Khabib mengambil keputusan tersebut karena tidak bisa keluar dari Rusia akibat pandemi virus corona. Situasi ini membuat The Eagle tidak bisa menjalani pertarungan yang dijadwalkan berlangsung pada 18 April 2020.

Pembatalan duel Khabib vs Nurmagomedov ini bukan pertama kali terjadi. Berikut lima sejarah duel kedua jagoan UFC yang batal terlaksana:



2015

Khabib dan Ferguson dijadwalkan bertarung di The Ultimate Fighter. Namun, Khabib mundur hanya enam pekan sebelum pertarungan digelar karena cedera tulang rusuk.

Lima Sejarah Duel Khabib vs Ferguson yang BatalTony Ferguson gagal melawan Khabib Nurmagomedov untuk kali kelima. Ethan Miller/Getty Images/AFP

Posisi Khabib kemudian digantikan oleh Edson Barboza di laga tersebut. Ferguson sukses mengalahkan Barboza dengan submission.

2016

Duel Khabib vs Ferguson yang tidak terealisasi tahun 2015 dijadwal ulang setahun berselang. Pertarungan ini direncanakan berlangsung di ajang UFC.

Namun, lagi-lagi duel dua petarung ini urung terlaksana. Kali ini giliran Ferguson yang mundur dari pertarungan hanya 11 hari sebelum keduanya bertarung di dalam octagon.

Ferguson mengeluh sakit yang menyebabkan adanya cairan dan darah berkumpul di paru-paru.

Lima Sejarah Duel Khabib vs Ferguson yang Batal

Posisi Ferguson digantikan Darrell Horcher. Khabib lalu menang TKO di ronde kedua saat menghadapi Horcher.

2017

Pertarungan The Eagle vs El Cucuy dijadwal ulang untuk kali ketiga di tahun tersebut pada 4 Maret 2017. Khabib dan Ferguson direncanakan bertarung di UFC 219.

Akan tetapi, keinginan berbagai pihak untuk melihat pertarungan keduanya lagi-lagi tidak terwujud. Khabib harus dilarikan di rumah sakit saat acara timbang badan.

Khabib mengalami masalah saat melakukan program penurunan berat badan.

[Gambas:Video CNN]
2018

UFC kembali merencanakan Khabib dan Ferguson berduel di octagon. Pertarungan ini diperkirakan akan berjalan karena tidak ada tanda-tanda cedera atau faktor non-teknis lain yang dialami Khabib maupun Ferguson.

Namun, laga itu kembali batal. Penyebab utamanya terbilang lebih aneh lagi. Ferguson terjatuh karena tersandung kabel sehingga menyebabkan ia mengalami robek otot di bagian lutut.

Khabib akhirnya menghadapi Al Iaquinta karena Max Holloway yang ditunjuk sebagai pengganti Ferguson ternyata juga tidak dalam kondisi sehat. Khabib menang dan merebut sabuk gelar juara dunia kelas ringan.

Lima Sejarah Duel Khabib vs Ferguson yang Batal

2020

Pertarungan dua jagoan UFC ini kembali dirancang Bos UFC, Dana White. Duel ini dijadwalkan berlangsung di Barclays Center, New York pada 18 April 2020.

Khabib dan Ferguson sudah menjalani sesi konferensi pers di Las Vegas pada 6 Maret. Namun, penyebaran virus corona di dunia mengancam pertarungan ini.

Penyebaran virus Covid-19 membuat duel Khabib vs Ferguson tidak bisa digelar di AS. Dana White tidak habis akal dengan mencari lokasi lain dan ngotot mencari cara agar pertarungan tetap berlangsung 18 April.

Sialnya duel yang ditunggu-tunggu ini kembali batal. Khabib memutuskan mundur dari UFC 249 karena Rusia memberlakukan larangan perjalanan masuk dan keluar bagi siapapun hingga waktu yang belum ditentukan akibat pandemi corona. (jal/jun)





berita olahraga