6 Juara Kelas Berat yang Kembali dari Pensiun Sebelum Tyson-Spekta Sports

Insiden Gigit Kuping Kini Jadi Candaan Tyson dan Holyfield

Jakarta, CNN Indonesia — Mike Tyson¬†disebut-sebut bakal kembali naik ring setelah lama pensiun dari dunia tinju. Sebelum Tyson terdapat enam petinju kelas berat yang melakukan comeback.

Absen dari ring tinju selama 15 tahun tidak membuat Tyson kehilangan nyali beradu pukul. Mantan juara dunia termuda di kelas berat itu beberapa waktu lalu menyatakan siap kembali melakoni olahraga yang membesarkan namanya tersebut.

Sebelum Tyson, beberapa juara dunia kelas berat pun melakoni pertarungan comeback, termasuk Muhammad Ali. Berikut daftar petinju kelas berat yang kembali dari pensiun:
1. Muhammad Ali
Karier gemilang Ali di dunia tinju tercoreng dua kekalahan beruntun di pengujung karier. Legenda tinju dunia itu sebenarnya sudah menyatakan pensiun pada 1979, namun Ali memutuskan kembali pada 1980 menghadapi Larry Holmes.

Dari 15 ronde yang direncanakan, kubu Ali menyatakan menyerah pada ronde ke-10. Sementara dalam laga terakhir yang berlangsung pada 1981, Ali kalah angka dari Trevor Berbick.

Foto dokumentasi saat Muhammad Ali (L) bertarung dengan Richard Dunn pada perebutan gelar juara kelas berat versi WBC & WBA di Munich, Jerman 24 Mei 1976. Legenda tinju Amerika Serikat, Muhammad Ali, meninggal dunia pada Jumat (3/6) di rumah sakit di Phoenix, Arizona, tempat di mana ia berjuang melawan penyakit komplikasi pernapasan sejak Kamis lalu. ANTARA FOTO/REUTERS/Action Images/Sporting Pictures/File Photo/pd/16Muhammad Ali menjadi salah satu petinju yang tergoda kembali naik ring setelah pensiun. (ANTARA FOTO/REUTERS/Action Images/Sporting Pictures/File Photo/pd/16)

Selain comeback di masa tua, Ali juga pernah kembali dari absen ketika masih di usia emas. Pada tahun 1967 hingga 1970 Ali tidak dapat bertinju karena lisensinya dicabut terkait penolakan mengikuti pelatihan di Angkatan Darat dalam masa perang Vietnam.

2. George Foreman
Mantan petinju berjuluk Big George itu dua kali menyatakan pensiun namun lantas kembali bertinju. Usai kalah dari Ali pada 1974, Foreman naik ring lagi dua tahun kemudian. Pada 1977 Foreman kembali mundur. Setelah 10 tahun, Foreman lagi-lagi mengenakan sarung tinju.

Dalam dua kali comeback, Foreman meraih prestasi yang cukup baik. Bahkan pada 1994 ia mengalahkan Michael Moorer dan menjadi juara dunia tinju tertua pada umur 45 tahun 299 hari.

3. Larry Holmes
Petinju asal Amerika Serikat ini berulang kali mengingkari kata pensiun. Tergoda dengan uang, Holmes menghadapi Tyson pada 1988 setelah dua tahun absen. Setelah kalah TKO dari Tyson, Holmes menyatakan pensiun, tetapi kembali lagi pada 1991 dan melanjutkan karier hingga 2002.

WBO Heavyweight Champion Riddick Bowe celebrates after defeating challenger Evander Holyfield with a TKO in the 8th round of their 3rd rematch in Las Vegas 04 November.                          AFP PHOTO/Jeff HAYNES (Photo by JEFF HAYNES / AFP)Riddick Bowe¬†merupakan salah satu petinju di era ’90-an. (Photo by JEFF HAYNES / AFP)

4. Riddick Bowe
Mantan pemilik sabuk WBA, WBC, dan IBF ini harus meninggalkan dunia tinju pada 1996, di usia 29 tahun, karena kasus kejahatan terhadap istri dan anak. Delapan tahun berselang Bowe yang butuh uang kembali tampil dan melakoni tiga pertarungan tanpa kalah.

5. David Haye
Lebih dulu dikenal sebagai petinju kelas cruiserweight, Haye kemudian menjadi juara kelas berat. Menyatakan gantung sarung tinju pada 2012, Haye lantas kembali mengenakannya empat tahun kemudian. Sempat meraih dua kemenangan di laga comeback, Haye kemudian kalah dalam dua laga terakhir.

6. Donovan Ruddock
Petinju yang pernah menelan dua kekalahan dari Tyson ini sempat rehat dari orbit tinju dunia pada 1995 hingga 1998 dan memutuskan berhenti pada 2001. Berselang 14 tahun kemudian Ruddock kembali aktif dan menorehkan dua kemenangan serta tumbang di pertarungan terakhir yang membuatnya kapok.

[Gambas:Video CNN]

(nva)





berita olahraga