Monster Energy Yamaha MotoGP Italian driver Valentino Rossi rides during the fourth free practice session of the MotoGP Valencia Grand Prix at the Ricardo Tormo racetrack in Cheste near Valencia, on November 16, 2019. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

7 Cerita Manis Valentino Rossi di MotoGP Spanyol-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Valentino Rossi cukup akrab dengan kemenangan di MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez sejak dua dekade lalu.

Tercatat tujuh kali Rossi menjadi juara di MotoGP Spanyol. Selain itu Rossi juga pernah menjadi yang terdepan di kelas 250cc dan 125cc, sehingga Rossi total memiliki sembilan gelar di Sirkuit Jerez.

Jumlah tersebut membuat The Doctor hanya kalah dari legenda Spanyol, Angel Nieto, sebagai pembalap yang paling sering menang di ajang balap motor Grand Prix Spanyol.

Rossi selalu meraih kemenangan dalam MotoGP Spanyol yang dilaksanakan di Sirkuit Jerez, sementara Nieto 11 kali menjadi kampiun ketika MotoGP Spanyol masih digelar di Sirkuit Jarama dan Sirkuit Montjuic.

Dengan koleksi tujuh kemenangan di level teratas balap motor, Rossi mengalahkan nama-nama legendaris lain seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, dan Kenny Roberts.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Jika dibandingkan dengan pembalap-pembalap yang mengaspal di era MotoGP, Rossi pun unggul jauh. Jorge Lorenzo baru lima kali juara di MotoGP Spanyol, sedangkan Dani Pedrosa empat kali. Marc Marquez pun baru tiga kali merasakan podium teratas di MotoGP Spanyol.

7 Kemenangan Rossi di MotoGP Spanyol

2001
Rossi menjadi juara dengan mengalahkan Norifumi Abe dan jagoan lokal Alex Criville. Pada tahun ini Rossi menjadi juara dunia 500cc untuk kali pertama.

2002
Memimpin sejak start, Rossi mempertahankan posisi dan mencatatkan keunggulan atas dua pembalap asal Jepang, Daijiro Kato dan Tohru Ukawa. Rossi menutup musim dengan menjadi juara dunia MotoGP.

2003
Hattrick dibukukan Rossi. Kendati harus start di peringkat kelima, Rossi berhasil mengalahkan Max Biaggi dan Troy Bayliss

Monster Energy Yamaha's Italian rider Valentino Rossi steers through a corner during the second day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 8, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Valentino Rossi punya sejarah manis di MotoGP Spanyol. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

2005
Absen jadi pemenang di MotoGP Spanyol 2004, Rossi yang sudah pindah ke Yamaha balas dendam setahun kemudian.

2007
Rossi memenangi duel melawan Dani Pedrosa. Berbeda dengan empat keberhasilan sebelumnya di MotoGP Spanyol yang selalu berakhir dengan gelar juara dunia, pada tahun ini Rossi juara di Jerez namun tidak menjadi pemimpin klasemen akhir.

2009
Rossi kembali membuat Pedrosa harus puas menempati peringkat kedua. Sebelumnya Jorge Lorenzo yang menjadi pole seater harus menyudahi balapan lebih cepat. Gelar juara di MotoGP Spanyol 2009 turut mengantar Rossi menjadi juara dunia.

2016
Butuh tujuh tahun bagi Rossi membuktikan masih memiliki kecepatan di MotoGP Spanyol dengan mengungguli Lorenzo dan Marc Marquez.

Balapan MotoGP Spanyol bakal berlangsung pada Minggu (19/7). Balapan MotoGP Spanyol bisa disaksikan secara langsung di Trans 7 dan secara live streaming di CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)





berita olahraga