8 Fakta Menarik Usai Liverpool Juara Piala Dunia Antarklub

8 Fakta Menarik Usai Liverpool Juara Piala Dunia Antarklub-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub untuk kali pertama sepanjang sejarah klub pada Minggu (22/12) dini hari WIB.

The Reds memastikan gelar juara usai menang 1-0 atas klub Brasil, Flamengo pada laga final di Stadion Internasional Al Khalifa, Doha. Gol penentu kemenangan anak asuh Jurgen Klopp dicetak Roberto Firmino pada masa perpanjangan waktu.

Keberhasilan ini membuat Liverpool jadi satu-satunya klub asal Inggris yang meraih treble trofi internasional. Firmino dkk meraih trofi Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, dan Liga Champions.

Berikut delapan fakta usai The Reds juara di Piala Dunia Antarklub 2019 seperti dilansir Opta:

1. Liverpool jadi tim kedua asal Inggris yang jadi juara Piala Dunia Antarklub setelah Manchester United pada 2008.

https://www.cnnindonesia.com/Liverpool mengikuti jejak MU juara Piala Dunia Antarklub. (AP Photo/Hassan Ammar)

2. Flamengo merupakan klub asal Brasil keempat yang jadi runner-up Piala Dunia Antarklub selain Vasco da Gama (tahun 2000), Santos (2011), dan Gremio (2017). Catatan ini membuat klub asal Brasil sejajar dengan klub Argentina.

3. Final Piala Dunia Antarklub 2019 jadi yang keempat harus berlangsung hingga babak perpanjangan waktu setelah gelaran tahun 2000, 2009, dan 2016.

4. Gelar juara yang diraih Liverpool membuat wakil Eropa menjuarai 12 dari 13 gelaran terakhir Piala Dunia Antarklub, termasuk tujuh edisi terakhir yang dimenangi klub benua Biru.

[Gambas:Video CNN]
5. Ini kedua kalinya wakil Inggris mengalahkan wakil Brasil setelah MU menang 1-0 atas Palmeiras pada final Piala Interkontinental tahun 1999.

6. Hanya dua dari 10 gelaran Piala Dunia Antarklub di mana masing-masing tim bisa mencetak gol. Sedangkan tim pemenang bisa menorehkan clean sheet dalam delapan kesempatan dari 10 edisi terakhir Piala Dunia Antarklub.

7. Roberto Firmino mencetak gol dalam dua laga beruntun untuk Liverpool di semua kompetisi untuk pertama kali sejak Januari. Penyerang asal Brasil itu juga mencetak dua gol yang menentukan kemenangan The Reds di babak semifinal dan final Piala Dunia Antarklub 2019.

https://www.cnnindonesia.com/

8. Sadio Mane jadi pemain yang paling banyak terlibat dalam gol Liverpool di semua ajang pada 2019. Ia mencetak 30 gol dan memberikan delapan assist (38) atau hanya kalah dari duo Manchester City, Raheem Sterling (44) dan Sergio Aguero (39) untuk pemain yang tampil di pentas Premier League. (jal)





berita olahraga