90 Persen Wasit La Liga Pendukung Madrid-Spekta Sports

Klaim Kontroversial: 90 Persen Wasit La Liga Pendukung Madrid

Jakarta, CNN Indonesia — Mantan wasit internasional Spanyol, Iturralde Gonzalez, mengeluarkan klaim kontroversial yang menyebut 90 persen wasit diĀ La Liga Spanyol adalah pendukung Real Madrid.

Gonzalez mengatakan sepuluh dari sembilan wasit di La Liga adalah pendukung Madrid. Mantan wasit yang mengaku sebagai pendukung Athletic Bilbao itu tidak segan mengatakan hanya sedikit wasit yang mendukung Barcelona.

“Terlepas Barcelona suka atau tidak, 70 persen dari populasi Spanyol tidak menganggap Catalunya, mendukung Real Madrid. 90 persen wasit pendukung Madrid, sepuluh persen pendukung Barcelona,” ujar Gonzalez dikutip dari Marca.
Gonzalez yang pensiun sebagai wasit pada 2012 mengatakan pendukung Barcelona baru bertambah saat era Lionel Messi dan ketika Pep Guardiola menjadi pelatih.

https://www.cnnindonesia.com/

“Saat ini lebih banyak orang yang mendukung Barcelona, karena banyak anak muda yang melihat Barcelona Pep Guardiola meraih gelar. Tapi sebelum era Lionel Messi, berapa banyak orang yang mendukung Real Madrid di Spanyol?” ucap Gonzalez.

Gonzalez tiga kali menjadi wasit El Clasico antara Madrid vs Barcelona di La Liga pada 1999, 2005, dan 2010. Di tiga El Clasico itu Barcelona selalu menang telak atas Madrid, dengan terakhir pada 29 November 2010. Ketika itu Barcelona menang 5-0 atas Madrid di Camp Nou.

[Gambas:Video CNN]
Barcelona dan Madrid sendiri kembali bersaing dalam perebutan gelar La Liga Spanyol musim ini. Blaugrana masih unggul dua poin atas Madrid saat kompetisi Liga Spanyol dihentikan sementara karena pandemi virus corona.

Pihak La Liga sendiri menjadwalkan kompetisi Liga Spanyol kembali bergulir pada 12 Juni mendatang. Saat ini para klub sudah menjalani latihan di bawah protokol keselamatan yang ketat. (har)





berita olahraga