6 Statistik Luar Biasa Liverpool Usai Hajar Leicester

Alisson Kunci Liverpool Menang Telak atas Southampton-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Alisson Becker jadi aktor kunci di balik keberhasilan Liverpool mengalahkan Southampton 4-0 pada pekan ke-25 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (1/2) waktu setempat.

Kiper asal Brasil itu memegang peran krusial di babak pertama. Setidaknya dua penyelamatan penting dibuat Alisson untuk menghindarkan gawang Liverpool dari kebobolan.

Alisson memang bekerja keras di babak pertama. Performa mengecewakan rekan-rekan setim termasuk di sektor lini belakang membuat mantan kiper AS Roma harus berjibaku membendung serangan lawan.

Di pertengahan babak pertama, Alisson dengan cekatan menangkap bola yang berasal dari tembakan keras pemain Southampton, Moussa Djenepo. Jelang akhir babak pertama, Alisson bahkan menggagalkan dua peluang sekaligus dari Danny Ings dan Shane Long.

Alisson Kunci Liverpool Menang Telak atas SouthamptonLiverpool mengalahkan Southampton berkat empat gol yang tercipta di babak kedua. (AP Photo/Jon Super)

Performa apik Alisson itu membuat Liverpool bisa mengakhiri babak pertama tanpa kebobolan. Jika mengacu Opta, Southampton yang tampil bagus sepanjang babak pertama melakukan 10 kali tembakan ke gawang Liverpool.

Jumlah percobaan tembakan Southampton itu jadi yang terbanyak pertama diterima Liverpool di Liga Inggris sejak laga kontra Chelsea pada 10 November 2014 lalu.

Penampilan apik Alisson di babak pertama bukan hanya menolong tim tetapi juga menaikkan mental tuan rumah. Terbukti skuat asuhan Juergen Klopp bisa tampil lebih baik yang berdampak pada empat gol yang bersarang ke gawang Southampton.

Alisson Kunci Liverpool Menang Telak atas Southampton

Liverpool membuka keunggulan melalui gol Alex Oxlade-Chamberlain yang diikuti gol Jordan Henderson. Mohamed Salah kemudian memborong dua gol yang membuat tim kota pelabuhan menang 4-0.
Di laga ini, Alisson lumayan sibuk dengan membuat empat penyelamatan. Statistik itu hanya sedikit lebih banyak dibandingkan kiper Southampton, Alex McCarthy yang membuat lima penyelamatan dari sembilan tembakan para pemain Liverpool.

Keberhasilan menjaga gawangnya dari kebobolan juga membuat Alisson sudah 13 kali membuat clean sheet di Liga Inggris musim.

[Gambas:Video CNN]

(jal)





berita olahraga