Klasemen Liga Inggris: Liverpool di Atas Leicester 13 Poin

Apa Liverpool Butuh Beli Pemain Baru?-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Unggul 13 poin di puncak klasemen Liga Inggris, melangkah ke babak 16 besar Liga Champions dan babak ketiga Piala FA, Liverpool sedang dalam performa terbaik dan terlihat tidak membutuhkan tambahan amunisi.

Liverpool menjelma menjadi salah satu tim terbaik di dunia saat ini dengan komposisi pemain yang cukup dalam. Juergen Klopp bahkan bisa dibilang memiliki trio penyerang terbaik di dunia: Mohamed Salah-Roberto Firmino-Sadio Mane.

The Reds juga punya pilihan melimpah di lini tengah, mulai dari Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Naby Keita, James Milner, Fabinho, dan Adam Lallana. Di belakang Liverpool punya salah satu bek terbaik di dunia saat ini, Virgil van Dijk.

Liverpool juga punya Joe Gomez, Dejan Lovren, Joel Matip dan dua fullback terbaik di Inggris: Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson. Untuk posisi kiper Liverpool punya kiper termahal di dunia Alisson Becker.

Apa Liverpool Butuh Beli Pemain Baru?Virgil van Dijk jadi pemain yang sulit digantiikan pemain lain di jantung pertahanan Liverpool. (AP Photo/Rui Vieira)

Jika melihat komposisi pemain di atas, Liverpool sepertinya tidak perlu mendatangkan pemain baru di bursa transfer Januari 2020. Kehadiran Takumi Minamino dari Red Bull Salzburg juga bisa dilihat sebagai investasi masa depan Liverpool. Minamino masih muda dan punya talenta luar biasa.

Sebelum laga melawan Sheffield United, Kamis (2/1), Klopp mengaku peluang Liverpool mendatangkan pemain baru usai Minamino sangat kecil.

“Setiap tahun kami menghadapi situasi yang sama. [Bursa transfer paruh musim] selalu rumit, mungkin kami tidak akan terlalu sibuk. Kita lihat apa yang akan terjadi, tapi seperti tidak akan ada pemain baru,” ujar Klopp.

Membeli pemain di tengah musim memang cukup menyulitkan. Selain pilihan yang terbatas, klub-klub Liga Inggris biasanya harus membayar lebih mahal untuk membeli pemain. Hal itu terjadi dengan Manchester United dengan Erling Haaland yang akhirnya bergabung dengan Borussia Dortmund.

Lalu, apakah Liverpool butuh membeli pemain baru? Jawabannya: Ya.

Kalau melihat kondisi saat ini Liverpool terkesan tidak butuh pemain baru. Tapi, Liverpool akan segera memasuki masa-masa krusial dalam beberapa bulan ke depan karena mereka akan tampil di fase knock-out Liga Champions mulai dengan Atletico Madrid di 16 besar, serta melawan tim-tim besar seperti Manchester United, Tottenham Hotspur dan Manchester City di Liga Inggris.

Apa Liverpool Butuh Beli Pemain Baru?Liverpool baru saja mendatangkan Takumi Minamino dari RB Salzburg. (AP Photo/Jon Super)

Dengan jadwal ketat dan berat di atas Liverpool jelas butuh pemain yang fit dan pemain pelapis yang sama bagusnya dengan pemain inti. Jika melihat kondisi skuat saat ini, Liverpool jelas butuh mendatangkan pemain baru.

Opsi Pinjam

Skuat Liverpool sedang akrab dengan cedera saat ini. Di lini belakang Klopp sudah kehilangan Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, dan Joel Matip. Di tengah Liverpool sedang kehilangan Fabinho, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Xherdan Shaqiri.

Klopp tidak bisa mengambil risiko menunggu deret pemain yang sedang mengalami cedera untuk kembali. Terlebih pemain kunci seperti Van Dijk juga sudah pernah cedera sebelum tampil di Piala Dunia Antarklub 2019.

[Gambas:Video CNN]
Dengan Matip, Lovren, Fabinho sedang mengalami cedera, Klopp saat ini hanya punya Joe Gomez sebagai pemain senior yang menjadi rekan duet Van Dijk. Kondisi itu bisa berbahaya bagi Liverpool jika Van Dijk juga mengalami cedera. Terlebih pemain muda seperti Sepp van den Berg dan Ki-Jana Hoever belum memiliki pengalaman di level tertinggi.

Jika Klopp ingin memaksakan mendatangkan pemain baru, maka yang diperlukan Liverpool adalah bek tengah dan gelandang baru. Penambahan pemain baru di dua posisi itu akan memberi Klopp rasa aman mengarungi momen-momen penting musim ini.

Apa Liverpool Butuh Beli Pemain Baru?

Pertahanan yang kuat merupakan salah satu kunci sukses Liverpool hingga saat ini. Untuk itu The Reds harus memiliki kedalaman skuat di lini belakang. Matip dan Lovren memang dijadwalkan kembali bermain akhir Januari 2020, tapi sepak bola tidak bisa diprediksi. Pemain bisa tumbang kapan saja.

Satu tambahan pemain di lini tengah juga akan membantu Liverpool. Lini tengah Liverpool memang sudah tebal, tapi sekali lagi cedera bisa menghantui pemain kapan saja.

Manajemen Liverpool mungkin tidak akan memberi dana besar untuk Klopp demi mendatangkan pemain baru. Dengan demikian opsi peminjaman pemain bisa jadi solusi. Klopp bisa mencari pemain penuh pengalaman yang jarang mendapat kesempatan bermain, baik di Liga Inggris atau liga-liga besar Eropa lainnya.

Klopp juga bisa melihat kemungkinan merekrut pemain yang sedang dalam posisi bebas transfer dan memberi kontrak hingga akhir musim, seperti yang dilakukan Sheffield United yang merekrut mantan gelandang Everton Jack Rodwell pada bursa transfer kali ini. (jal)





berita olahraga