Arab Saudi ke Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Uzbekistan

Arab Saudi ke Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Uzbekistan-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Arab Saudi ke final Piala Asia U-23 2020 sekaligus meraih tiket ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, usai mengalahkan Uzbekistan 1-0 di Stadion Rajamangala, Rabu (22/1).

Uzbekistan mengambil inisiatif menyerang lebih dahulu lewat Khusniddin Alikulov di menit kedua. Tetapi operan terobosan Alikulov kepada Jasurbek Yakhshiboev berbuah offside.

Percobaan mencetak gol dilakukan Bobir Abdixolikov di menit ke-12. Sayangnya, sepakan kaki kanan Abdixolikov dari luar kotak penalti melebar ke sisi kiri gawang Arab Saudi.

Arab Saudi membalas serangan Uzbekistan lewat tendangan kaki kanan Abdulrahman Ghareeb dari luar kotak penalti di menit ke-19 yang diselamatkan kiper dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Ghareeb kembali membuang peluang bagi Arab Saudi untuk unggul di babak pertama setelah tendangan bebas kaki kanannya di menit ke-39 melayang di atas mistar Uzbekistan.

Giliran sundulan Hassan Al Tambakti dari tengah kotak penalti di menit ke-45 yang masih jauh dari sasaran, umpan Sami Al Najei dari sepak pojok. Kedua tim harus puas dengan skor 0-0 di babak pertama.

Serangan Uzbekistan melalui Jasurbek Yakhshiboev dari sudut sempit di menit ke-51 masih bisa diblok pertahanan Arab Saudi.

Tidak berselang lama, Ghareeb mendapatkan peluang emas di menit ke-51. Akan tetapi, meski dalam posisi yang cukup terbuka mencetak gol, tendangan kaki kanan Ghareeb justru jauh di atas mistar lawan.

Tiga menit kemudian Abdixolikov juga punya peluang gol di depan gawang Arab Saudi. Namun tendangan Abdixolikov umpan Yakhshiboev diblok kiper.

Striker Arab Saudi Abdullah Al Hamdan memecah kebuntuan di menit ke-87. Al Hamdan membobol gawang Abduvakhid Nematov lewat sepakan kaki kanan dari sudut kanan kotak penalti usai memanfaatkan kegagalan pertahanan Uzbekistan dalam membuang bola liar umpan Al Omran.

Arab Saudi mencetak gol kedua lewat Ghareeb di menit ke-90+5. Ghareeb mencetak gol indah setelah sepakannya dari jarak jauh menghujam gawang Uzbekistan. Sayang, gol tersebut dianulir wasit usai ditinjau dengan VAR. Sebelum gol tercipta, Ghareeb lebih dahulu dalam posisi offside.

Tim asuhan Saad Alshehri itu akhirnya lolos ke final Piala Asia U-23 2020 dengan kemenangan 1-0 atas Uzbekistan. Di final Arab Saudi akan bertemu pemenang Australia dan Korea Selatan.

Kemenangan itu sekaligus membawa Arab Saudi ke Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang. Tiga tim teratas dari Piala Asia U-23 dipastikan lolos ke Olimpiade 2020. (sry/bac)





berita olahraga