Atletico: Barca Langgar Kesepakatan dan Melakukan Pendekatan Ilegal

Atletico: Barca Langgar Kesepakatan dan Melakukan Pendekatan Ilegal-Spekta Sports

Pada Mei 2019 lalu, Antoine Griezmann mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Atletico Madrid pada akhir musim 2018/19. Hal itu bahkan dikonfirmasi oleh akun resmi Atleti. Tapi niat pemain Timnas Perancis itu meninggalkan tim ternyata mengundang masalah yang cukup pelik.

Griezmann sebenarnya diambang pintu masuk Barcelona. Barcelona pun sudah membuat pernyataan pada Jumat (5/7) terkait ketertarikan mereka pada Griezmann dan pertemuan dengan pihak Atleti.

Tapi hal itu ternyata memancing kecaman dari Atleti. Lewat laman resmi, mereka mengungkap bahwa Barca melanggar kesepakatan. Blaugrana menunda pembayaran yang sudah disepakati di awal.

“Menyikapi pernyataan Presiden Barcelona, Bartomeu, hari ini, kami nyatakan benar bahwa kemarin (5/7) ada pertemuan antara Miguel Angel Gil (Presiden Atleti) dan CEO Barcelona, Oscar Grau, dan sebagaimana permintaan Barcelona di pertemuan tersebut, Tuan Grau mengungkapkan keinginannya, tentang kontrak klausul pelepasan Antoine Griezmann yang sudah diturunkan dari 200 juta euro ke 120 juta euro dan sudah berlaku sejak 1 Juli, untuk ditangguhkan sementara. Atletico Madrid merespons hal itu dengan negatif, karena kami rasa Barcelona dan sang pemain telah tidak menghormati Atletico Madrid dan semua penggemarnya.”

Lebih jauh, Atleti juga mengungkap tentang tindakan ilegal yang dilakukan Barcelona dalam proses pendekatannya dengan Griezmann. Mereka mengatakan bahwa Barca dan pihak Griezmann telah melakukan pertemuan rahasia sejak pertengahan Februari hingga Maret. Atleti merasa Barcelona tidak sportif karena saat itu kompetisi masih berlangsung.

“Pada 14 Mei, Antoine Griezmann memberi tahun Miguel Angel Gil, Diego Pablo Simeone dan Andrea Berta tentang keputusannya meninggalkan klub kami pada akhir musim. Setelah pertemuan itu, Atletico Madrid mengetahui bahwa Barcelona dan sang pemain telah menjalin kesepakatan pada Maret, lebih spesifik pada hari-hari setelah kembali dari pertandingan Liga Champions melawan Juventus, sedangkan mereka telah bernegosiasi sejak pertengahan Februari.”

“Lewat pernyataan ini, Atletico Madrid ingin menyampaikan ketidaksetujuan terhadap sikap keduanya, khususnya Barcelona, karena telah membuat sang pemain memutus kontrak hubungan dengan Atletico Madrid ketika klub masih berlaga di Liga Champions melawan Juventus, juga ketika masih ada persaingan gelar juara dengan Barcelona, sesuatu yang kami yakini telah melanggar periode negosiasi dengan pemain dan aturan dasar mengenai integritas dalam kompetisi olahraga, yang berdampak kerugian pada klub kami dan jutaan penggemarnya.”


Atleti merasa karena kesepakatan Griezmann dan Barcelona itu, sang pemain mulai tak fokus menjalani kariernya di Atleti sehingga Atleti tersingkir di Liga Champions dan gagal menyalip Barcelona di akhir kompetisi. Kekecewaan mereka semakin memuncak ketika mereka telah bersedia menurunkan nilai klausul pelepasan kontrak, Barca malah menunda pembayaran tersebut.

Atas insiden ini, Atleti sendiri meminta Griezmann tetap mengikuti pra-musim klub yang akan dimulai Minggu depan. Atleti meminta Griezmann menghormati kontraknya yang baru akan berakhir pada musim panas 2023 mendatang.

“Sebagai konsekuensi, hari ini (6/7), Atletico Madrid menginstruksikan sang pemain, saudarinya, agennya, dan pengacaranya, bahwa Antoine Griezmann, sesuai dengan kewajiban kontraknya dengan klub kami, harus hadir Minggu nanti di fasilitas klub untuk memulai latihan pra-musim bersama skuat yang lain.”

Barca sendiri tampaknya menunda pembayaran Griezmann karena mereka juga tengah dikaitkan dengan rumor perekrutan kembali Neymar Jr. Untuk mendapatkan kembali pemain Timnas Brasil itu, tentu Blaugrana harus mengeluarkan biaya yang tak murah mengingat sang pemain saat ini merupakan pemain dengan transfer termahal dunia. Paris Saint-Germain (PSG) membelinya dari Barcelona pada 2017 dengan biaya transfer 222 juta euro.

Di sisi lain, Atletico pun sebetulnya sudah mendapatkan pengganti Griezmann. Mereka telah merampungkan transfer Joao Felix dengan nilai transfer 126 juta euro. Pemuda berusia 19 tahun itu pun sudah diperkenalkan dan akan mengenakan seragam nomor 7, nomor yang dalam lima tahun terakhir dimiliki Griezmann.





berita olahraga