Hasil LIga Spanyol: Barcelona Menang Tipis Atas Sociedad

Barcelona Menang Tipis Atas Sociedad-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Barcelona sukses kembali ke jalur kemenangan usai susah payah menaklukkan tamunya di Camp Nou, Real Sociedad. Lionel Messi menjadi pembeda lewat tendangan penaltinya.

Diketahui, anak asuhan Quique Setien menelan hasil kurang bagus dalam dua pertandingan terakhir. Selain ditekuk rival abadinya, Real Madrid, 2-0 dalam laga EL Clasico pekan lalu, Blaugrana juga cuma bermain imbang melawan Napoli di Liga Champions.

Sementara Sociedad tengah panas-panasnya dengan memenangkan enam pertandingan terakhir di semua ajang, termasuk atas Mirandes yang memastikan satu kursi di final Copa del Rey.

Pada pertandingan kali ini, Setien memainkan tiga striker. Pemain yang baru mereka bajak dari Leganes, Martin Braithwaite, dipasang sebagai pemain nomor 9, dengan diapit oleh Messi dan Griezmann.

Di pihak lain, Sociedad bertumpu pada pemain muda Norwegia pijaman dari Madrid, Martin Odegaard.

Hasilnya, Sociedad mampu mengimbangi penguasaan bola dengan 46 persen berbanding 54 persen milik Barcelona. Dalam hal tendangan gawang, Barcelona unggul 7 berbanding 1.

Seperti biasa, Cules memulai permainan dengan operan pendek dari kaki ke kaki untuk kemudian menuju Messi. Menit ke-10, pemain terbaik dunia 2019 itu mengirim umpan untuk Braithwaite yang diselesaikan dengan tendangan datar yang masih bisa digagalkan oleh kaki Remiro.

Empat menit kemudian, sentuhan satu-dua Messi-Braithwaite kembali digagalkan Remiro karena bola mengarah ke pelukannya. Menit ke-17, pemain Denmark itu membobol gawang Sociedad usai menerima umpan Jordi Alba. Namun, dia lebih dulu diyatakan off side.

[Gambas:Video CNN]
Sociedad bukannya tanpa perlawanan. Anak asuhan Imanol Alguacil itu berani menampilkan permainan ofensif di kandang Barca, terutama, lewat aksi-aksi Oedgaard dan Portu. Namun, Pique, Lenglet, dan Ter Stegen masih bisa menaklukkan upaya-upaya mereka.

Messi kembali mengancam di menit-30 usai merebut bola dari Gorosbe di sisi kiri. Ia kemudian mengirim bole ke tengah. Sergio Busquets kemudian mengembalikan bola ke pemain Argentina itu yang melaju ke depan gawang dengan umpan cungkilan.

Dia menyambut sepakan first time memantul tanah. Posisi dan refleks tangan kiri Remiro masih mementahkannya ke atas gawang.

Hingga babak pertama usai, tak ada lagi peluang signifikan dari kedua tim. Griezmann tak banyak berkutik di babak pertama, yang kemudian berlanjut di babak berikutnya.

Di awal-awal babak kedua, Barca dan Sociedad tak banyak memiliki peluang berbahaya.

Sociedad sempat mengancam lewat serangan balik saat Barrenetxea di sayap kiri melakukan gerakan cut inside dan menembak dengan kaki kanannya. Namun, bola hanya melaju menuju tribun penonton.

Messi sempat membuat publik Camp Nou berdiri dari kursinya saat menyambut umpan sundulan dari Griezmann di depan gawang. Dia cepat menyerobot bola. Namun, tandukannya melambung ke atas mistar.

Giliran Rakitic mencoba menaklukan Remiro. Ia mendapat bola liar hasil tendangan Messi yang diblok di jalur larinya. Namun, Remiro masih tangguh untuk menghalau upaya itu.

Hasil LIga Spanyol: Barcelona Menang Tipis Atas Sociedad Foto: Laudy Gracivia

Oyarzabal sempat mencoba peruntungan lewat tendangan jarak jauh di menit 74. Bola melambung saja di atas kepala Ter Stegen.

Pada menit ke-75, peluang emas lahir bagi Sociedad kala Blaugrana kehilangan bola di tengah. Odegaard mengirim terobosan untuk Isak di sisi kiri. Ter Stegen menutup ruang. Tendangan kaki kiri Isak melebar dari sasaran.

Keberuntungan bagi Barcelona hadir di menit 81. Saat itu bola membentur tangan Le Normand yang hendak menghalau umpan silang Arturo Vidal. VAR melihat posisi lengannya tak natural. Wasit Juan Martinez Munuera pun memberi hadiah penalti. Oyarzabal dihadiahi kartu kuning saat memprotesnya.

Messi mengeksekusi penalti. Kaki kirinya mengirim bola chip ke pojok kanan gawang Remiro. 1-0 untuk Barcelona.

Tak ada lagi peluang berbahaya bagi kedua tim hingga akhir babak. Hasil ini membuat Cules kembali ke puncak klasmen.

REAL SOCIEDAD (4-1-4-1): Alex Remiro; Andoni Gorosabel, Diego Llorente, Robin Le Normand, Nacho Monreal; Ander Guevara; Portu, Martin Odegaard, Mikel Merino, Ander Barrenetxea; Alexander Isak.

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Lionel Messi, Antoine Griezmann, Martin Braithwaite.



(arh)





berita olahraga