Bob Hasan, Empat Dasawarsa Memimpin PB PASI

Bob Hasan, Empat Dasawarsa Memimpin PB PASI-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Bob Hasan bukan hanya seorang pengusaha sukses di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai orang yang sangat peduli dengan olahraga, khususnya atletik.

Bob merupakan Ketua Umum PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Ia mengemban jabatan sebagai orang nomor satu dalam pembinaan atletik di tanah air dalam lebih dari empat dasawarsa.

Bob kali pertama terpilih sebagai Ketua Umum PASI sejak 1976 menggantikan Sayidiman Suryohadiprojo. Sejak itu Bob tidak pernah berhenti menaruh perhatiannya untuk memajukan cabor atletik di Indonesia.


Bob Hasan, Ketua 'Seumur Hidup' Atletik Indonesia

Pengabdian Bob membuat ia diberikan gelar ‘Bapak Atletik Indonesia’. Pemberian gelar itu diberikan setelah Bob kembali terpilih sebagai Ketua Umum PASI periode 2016-2020.

Cabor atletik melahirkan beberapa pelari hebat di era Bob sebagai Ketum PASI. Sebut saja Purnomo Muhammad Yudhi, Mardi Lestari, Suryo Agung, Triyaningsih, Maria Londa, hingga yang paling anyar Lalu Muhammad Zohri.

Nama Lalu Zohri ramai jadi perbincangan setelah meraih medali emas untuk nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Asia Junior 2018. Zohri juga direncanakan tampil di Olimpiade 2020 yang gelarannya ditunda pada Juli 2021.

Bob Hasan, Ketua 'Seumur Hidup' Atletik Indonesia

Bob mengungkapkan merogoh kocek minimal Rp10 miliar per tahun untuk PASI. Dana sebesar itu digunakan untuk mencetak atlet-atlet hebat yang bisa bersaing di level dunia.

Bob meninggal dunia dalam usia 89. Bob dikabarkan mengidap kanker dan telah menjalani perawatan intensif sejak tiga bulan terakhir.

Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Orde Baru itu rencananya akan dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah.

[Gambas:Video CNN] (TTF/jun)





berita olahraga