Bonek Rusak Stadion, Persebaya Berpeluang Terusir dari GBT

Bonek Rusak Stadion, Persebaya Berpeluang Terusir dari GBT-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Persebaya Surabaya bisa terusir dari Stadion Gelora Bung Tomo usai suporter setia mereka, Bonek, melakukan perusakan stadion setelah Bajul Ijo kalah 2-3 dari PSS Sleman pada pekan ke-25 Liga 1 2019, Selasa (29/10).

Persebaya gagal meraih kemenangan dalam enam pertandingan terakhir di Liga 1 2019 usai dikalahkan PSS. Kekalahan itu membuat Bajul Ijo kalah empat kali dalam enam pertandingan tersebut.

Kekalahan dari PSS membuat Persebaya gagal menang dalam lima laga beruntun di kandang sejak 10 Agustus. Kemenangan terakhir di kandang diraih Persebaya saat menaklukkan Persipura Jayapura 1-0.

Hasil buruk di kandang tersebut membuat suporter tuan rumah murka. Bonek masuk ke lapangan dan merusak sejumlah fasilitas Stadion GBT.

Kepala Dinas Pemuda dann Olahraga (Kadispora) Surabaya, Afghani Wardhana, bersama tim pada Rabu (30/11) pagi pun melakukan inventarisasi kerusakan yang terjadi di GBT.

Bonek mengamuk usai Persebaya kalah 2-3 dari PSS.Bonek mengamuk usai Persebaya kalah 2-3 dari PSS. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

“Hari ini kami turun di GBT bersama-sama untuk melihat secara langsung dan menginventarisasi kerusakan yang tidak terlalu besar, insya Allah bisa tertangani semuanya,” kata Afghani ditemui di Stadion GBT.

Afgani mengatakan kerusakan yang terjadi di GBT meliputi rumput dan lintasan atletik yang hangus terbakar, bangku cadangan dan bangku match commissioner dari bahan akrilik yang pecah, serta sejumlah kaca jendela yang hancur.

[Gambas:Video CNN]
Pihak Dispora Surabaya meyakini perbaikan bisa dilakukan dengan cepat dan biaya perbaikan akan ditanggung oleh pemerintah daerah. Meski demikian, Dispora Surabaya tetap akan meminta pertanggungjawaban dan ganti rugi dari Panpel Persebaya.

“Tentu dan akan kami minta pertanggungjawaban 100 persen. Dalam klausul menyatakan bahwa apabila terjadi kerusakan di dalam penggunaannya yang bertanggung jawab panitia pelaksana untuk memperbaiki keseluruhan,” ucap Afghani.

Bonek Rusak Stadion, Persebaya Bisa Terusir dari GBT

Tetapi, Afghani tidak menyebut secara detail biaya perbaikan kerusakan di GBT akibat ulah Bonek. Ke depannya Dispora Surabaya juga belum bisa memastikan apakah Persebaya akan tetap bisa menggunakan Stadion GBT untuk laga kandang berikutnya atau tidak. Di pekan ke-26 Liga 1 2019, Sabtu (2/11), Persebaya dijadwalkan akan menjamu PSM Makassar.
“Ini terkait penggunaan yang berikutnya kami tidak bisa atau tidak punya kapasitas untuk menyatakan bisa digunakan atau tidak. Nanti lebih baik kita tunggu saja sampai proses selesai berjalan,” tutur Afghani. (frd/har)





berita olahraga