Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka Barcelona-Spekta Sports

Setien Pernah Permalukan Barcelona dan Real Madrid

Jakarta, CNN Indonesia — Quique Setien menghadirkan kesan awal yang impresif dalam debutnya melatih Barcelona di Liga Spanyol.

Setien seolah mengembalikan kerinduan para fan dengan menghadirkan lagi permainan tiki taka Barcelona ala Pep Guardiola.

Meski hanya menang 1-0 atas Granada di Stadion Camp Nou, Setien dianggap sukses mengembalikan permainan cantik gaya tiki taka Barcelona.

Gaya permainan itu yang dianggap mulai memudar, terlebih sejak ditangani Ernesto Valverde. Pelatih yang baru saja didepak itu dianggap ‘merusak’ esensi permainan Barcelona dengan tiki taka mereka.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka BarcelonaQuique Setien meraih kemenangan dalam laga debut di Barcelona. (AP Photo/Joan Monfort)

Valverde lebih menekankan permainan pragmatis dalam menjaga keseimbangan menyerang dan bertahan.

Bukan permainan umpan-umpan pendek dan cepat yang diutamakan. Permainan kombinasi umpan panjang dan pendek jadi pakem permainannya.

Perbedaannya ketika Barcelona dalam situasi ditekan tim lawan. Blaugrana di bawah arahan Valverde tak jarang memainkan umpan-umpan panjang langsung ke pertahanan lawan.

Permainan build-up play atau membangun serangan dari belakang ke depan, bukan lagi jadi pakem Barcelona saat itu.

Di era Luis Enrique, permainan yang diperagakan Barcelona pun juga tak lagi fanatik dengan permainan tiki taka dari belakang ke depan.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka BarcelonaBarcelona bermain pragmatis saat dalam kendali Ernesto Valverde. (JOSE JORDAN / AFP)

Bandingkan dengan di era Guardiola. Para pemain Barcelona tetap menampilkan permainan umpan-umpan pendek cepat di pertahanan sendiri meski dalam situasi ditekan tim lawan.

Permainan di era Valverde dianggap menyalahi pakem Barcelona yang fanatik dengan permainan bola-bola pendek.

Akibatnya, permainan Barcelona jadi dianggap membosankan. Tak lagi atraktif. Ditambah lagi Blaugrana mulai kedodoran musim ini setelah meninggalkan ciri khas mereka seperti yang pernah diperagakan Guardiola.

Kehadiran Setien di Barcelona pun diharapkan mampu mengembalikan ‘ruh’ permainan raksasa Catalunya tersebut.

Sama dengan Guardiola, Setien juga alergi dengan permainan umpan-umpan panjang atau direct ball.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka BarcelonaBarcelona meraih banyak gelar saat diarsiteki Pep Guardiola. (AP Photo/Joan Monfort)

Kesamaan lainnya, Setien selalu menampilkan permainan dengan garis pertahanan lebih ke depan atau sejak di pertahanan lawan. Taktik itu menuntut kreativitas pemain di lini tengah, dan jarak antara pemain depan wajib selalu merapat.

Dua bek sayap dituntut membantu serangan dari kedua sisi sehingga memecah konsentrasi pertahanan lawan.

Keberadaan dua bek sayap ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga penguasaan bola di pertahanan lawan. Bola bisa diarahkan melebar ke satu dari dua bek sayap ini.

Trio lini tengah juga menjadi sentra bagi permainan menekan ala tiki taka Setien di Barcelona. Sama halnya dengan strategi Guardiola, dua gelandang dituntut bermain kreatif dalam menciptakan peluang.

Dari pergerakan dua gelandang ini pula assist maupun gol amat diharapkan tercipta. Sementara satu lagi gelandang bertahan yang harus mampu mengalirkan bola-bola ke depan.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka BarcelonaQuique Setien menjadikan tiki taka dasar permainan dalam formasi 3-5-2. (AP Photo/Joan Monfort)

Perbedaannya dengan Guardiola, Setien kerap menempatkan dua striker di depan. Satu striker berfungsi ‘menahan’ para bek tengah lawan sehingga terpaku menjaga pertahanan mereka. Satu lagi bergerak lebih bebas untuk mencetak gol dari segala celah.

Satu lagi perbedaan dengan Guardiola, Setien sering memakai tiga bek. Fungsinya menjadi penyangga terutama ketika tim menguasai bola.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka Barcelona

Barcelona pernah menjadi korban Setien ketika masih menangani Real Betis. Blaugrana kalah 3-4 dari tamunya itu pada laga Liga Spanyol 2018/2019 di Camp Nou, 11 November 2018.

Kini, Setien menerapkan pakem tiki taka dengan skema 3-5-2 ketika menjalani debut melatih Barca.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka Barcelona(CNN Indonesia/Timothy Loen)

Lionel Messi dan Antoine Griezmann diplot sebagai striker. Griezmann lebih berperan menjadi penahan bek tengah Granada, sementara Messi bergerak lebih bebas.

Di lini tengah, Arturo Vidal dan Ivan Rakitic jadi dua gelandang kreatif dalam melancarkan serangan ke pertahanan lawan. Sementara Sergio Busquets berperan menghancurkan upaya lawan melakukan serangan dari tengah.

Setien juga mengandalkan dua bek sayap cepat, Jordi Alba dan wonderkid Ansu Fati yang diubah perannya untuk menambah teror bagi pertahanan lawan.
[Gambas:Video CNN]
Di lini belakang, Samuel Umtiti, Gerard Pique, dan Sergi Roberto jadi penyangga utama pertahanan Barca. Trio ini pula yang memastikan permainan Blaugrana menerapkan garis pertahanan hingga jauh ke depan.

Alhasil, Blaugrana mampu mencatatkan penguasaan bola hingga 82,4 persen, jauh unggul atas Granada.

Rata-rata umpan sukses Barcelona pun meningkat tajam yaitu 92 persen umpan sukses dari total operan di laga itu. Messi dan kawan-kawan mencatatkan 921 umpan sukses dari total 1.005 operan.

Cara Setien Hidupkan Kembali Tiki Taka Barcelona(CNN Indonesia/Timothy Loen)

Barcelona juga mencatatkan 18 kali tembakan. Sebanyak enam di antaranya menemui sasaran, enam diblok, dan enam lagi melenceng.

Meski hanya menang 1-0 melalui gol Messi, Setien tetap dianggap berhasil membongkar strategi ‘parkir bus’ atau bertahan total dari Granada.

Dengan kembalinya tiki taka dan permainan menekan, Barcelona diprediksi tinggal menanti panen gol di era Setien.

Bukan tidak mungkin pula, Barcelona bakal pesta gol saat bertandang ke markas Ibiza di babak 16 besar Copa del Rey, Kamis (23/1) dini hari WIB.

 

(jal)





berita olahraga