Cerita The Jak dan Viking Bersatu di Malaysia

Cerita The Jak dan Viking Bersatu di Malaysia-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Kedua kelompok suporter klub Indonesia yang kerap berselisih, The Jakmania (Persija Jakarta) dan Viking (Persib Bandung), bersatu mendukung Timnas Indonesia berlaga lawan Malaysia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Demikian diungkapkan mantan ketua Jakmania Lariko Ranggamone yang ikut hadir mendukung skuat Garuda berlaga di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11).

Lariko yang berangkat bersama dengan rombongan The Jak mengaku bertemu dengan Viking di tribune stadion. Mereka melupakan konflik masa lalu dan mengedepankan kepentingan Timnas Indonesia.

“The Jak dan Viking bersatu di tribune jadi pemandangan menyenangkan. Bukan hanya kami, Aremania (suporter Arema FC) dan Bonek (Persebaya Surabaya) juga bersatu demi Indonesia,” kata Lariko dalam perbincangan kepada CNNIndonesia.com, Minggu (24/11).

Rivalitas Jakmania dan Viking memang terkenal panas di Indonesia. Konflik antarsuporter klub Liga 1 ini bahkan seringkali memakan korban.

[Gambas:Video CNN]
Namun, kedua kelompok suporter rival ini kerap bergandengan tangan dengan bendera Timnas Indonesia. The Jak-Viking bahkan saling bahu-membahu meredam tekanan dari suporter Malaysia.

Gabungan suporter klub-klub Indonesia memang lumrah terjadi ketika Timnas Indonesia berlaga. Namun, persatuan kali ini dirasa lebih erat terasa ketika mendapat ancaman dari suporter lawan.

Cerita The Jak dan Viking Bersatu di Malaysia

Menurut Lariko, intimidasi dari suporter tuan rumah sudah terasa sehari sebelum pertandingan. Beberapa anggota Ultras Malaya juga sudah menyampaikan langsung kepada Lariko dan rombongan suporter lainnya.

“Kami sempat dilempari flare di tribune. Tapi, mentalitas suporter Indonesia beda, kita sempat lempar balik juga. Gesekan kecil lumrah terjadi di tribune suporter yang pasti tidak ada aksi kriminal,” terangnya.

Sayang, persatuan kelompok suporter Indonesia di Bukit Jalil tidak diiringi hasil positif. Indonesia kalah 0-2 dari Harimau Malaya.

Derita suporter Indonesia bertambah. Dua suporter Indonesia diduga mengalami penganiayaan dari suporter Malaysia di Bukit Bintang sehari sebelum laga Malaysia vs Indonesia digelar.

“Rencananya kami bakal kembali hadir mendukung Timnas Indonesia pada laga tandan melawan Thailand dan Vietnam. Latar belakang suporter klub kami sisihkan dahulu demi Garuda,” ujar Lariko. (jun)





berita olahraga