Hasil Liga Italia: AC Milan Takluk dari Genoa di San Siro

CONI Minta Ajang Olahraga Disetop, Termasuk Liga Italia-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Seluruh gelaran olahraga di Italia, termasuk Liga Italia diusulkan untuk dihentikan sementara hingga 3 April mendatang demi mencegah penyebaran virus Corona.

Permintaan itu diajukan oleh Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) pada Senin (9/3) waktu setempat. Jika rekomendasi ini diimplementasikan maka kompetisi Liga Italia yang beberapa laga telah berlangsung tanpa penonton akan ditunda untuk sementara waktu.

Pihak CONI menjelaskan rekomendasi diajukan setelah pertemuan dengan para pemangku kepentingan olahraga di Roma. Pertemuan itu dihadiri Presiden CONI, Giovanni Malago, Sekretaris Jenderal Carlo Mornati, dan para anggota federasi olahraga di Italia.



Dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, CONI menyatakan perlindungan kesehatan merupakan prioritas utama bagi semua pihak sebagai imbas dari virus corona.
CONI Minta Ajang Olahraga Disetop, Termasuk Liga ItaliaLebih dari 300 orang di Italia meninggal karena virus corona. (AP Photo/Luca Bruno)

Malago pun akan memberitahu Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte dan Menteri Olahraga, Vincenzo Spadafora terkait posisi CONI terhadap krisis yang terjadi akibat virus corona.

CONI akan meminta pemerintah untuk mengeluarkan keputusan yang memiliki kekuatan hukum untuk menggantikan keputusan sebelumnya yang menyatakan gelaran olahraga masih bisa dimainkan tanpa penonton.

CONI Minta Ajang Olahraga Disetop, Termasuk Liga Italia

Putusan ini akan bersifat mengikat untuk seluruh ajang yang sedang berlangsung di Italia tetapi tidak untuk tim-tim yang tampil di kompetisi Eropa. Wakil-wakil Negeri Pizza yang tampil di Liga Champions dan Liga Europa tetap bisa menggelar pertandingan.
Juventus, Napoli, dan Atalanta jadi wakil Italia tersisa di Liga Champions. Sedangkan Inter Milan dan AS Roma masih bersaing untuk merebut gelar Liga Europa.

Italia sendiri masuk dalam daftar tiga besar negara yang terdampak virus corona setelah China dan Korea Selatan. Tercatat lebih dari tujuh ribu kasus terkait virus corona dan sudah lebih dari 300 orang meninggal.

[Gambas:Video CNN] (jal)





berita olahraga