Digilas Barca 4-0, Guardiola tak akan ubah taktik Man City-Spekta Sports

Guardiola

Hak atas foto
Getty

Image caption

Guardiola sukses besar mengasuh Barcelona sebelum pindah ke Bayern Muenchen dan Manchester City.

Pep Guardiola menegaskan tidak akan mengubah taktik meski timnya digilas Barcelona 4-0 di laga ketiga babak penyisihan Grup C Liga Champions.

Lionel Messi mencetak tiga gol dan kiper City, Claudio Bravo, dikartu merah oleh wasit, yang menegaskan bahwa pekerjaan rumah Guardiola untuk membenahi City masih sangat banyak.

“Tidak akan ada perubahan,” kata Guardiola, pelatih yang mengantarkan prestasi fenomenal Barcelona sebelum pindah ke Bayern Muenchen dan City.

Ia juga menyatakan bahwa timnya perlu waktu untuk menandingi tim sekaliber Barcelona.

“Kami kalah 4-0, tapi kami adalah klub baru (yang tengah berbenah) … selama 35 tahun klub ini tidak bertanding di Eropa,” ujar Guardiola.

“Kami datang ke kandang Barcelona dengan optimisme besar, tapi Barcelona bukan lawan yang mudah dihadapi ketika kami punya 11 pemain. Ketika pemain kami 10 orang, pertandingan sebenarnya sudah selesai,” katanya.

‘Masih jauh’

Kekalahan ini membuat City terpaut lima poin dari Barcelona yang mengumpulkan nilai sempurna sembilan dari tiga pertandingan Grup C.

Mantan pemain belakang Manchester United dan Everton, Phil Neville, mengatakan standar City belum sebaik klub-klub Spanyol.

“Kualitas City belum setinggi yang diinginkan Guardiola,” kata Neville kepada BBC.

Ia menjelaskan Barcelona hanya 80% dari kekuatan maksimal mereka dan itu pun City sepertinya tak berdaya menghadapi Messi dan kawan-kawan.

“Saya kira City akan sangat kesulitan menjuarai Liga Champions musim ini,” kata Neville.

“Para pemain masin sering kehilangan bola, mereka tidak mengikuti instruksi Guardiola,” imbuhnya.

Ia menegaskan masih banyak tim di Eropa dengan kualitas yang jauh lebih baik dari City dan karenanya masih sulit bagi City untuk menjuarai Liga Champions kali ini.