Kabar duka menghampiri sepak bola Indonesia. Mantan pelatih Timnas Indonesia Henk Wullems meninggal dunia pada Sabtu (15/8) lalu.

Eks Pelatih Timnas Indonesia Henk Wullems Meninggal Dunia-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Kabar duka menghampiri sepak bola Indonesia. Mantan pelatih Timnas Indonesia Henk Wullems meninggal dunia pada Sabtu (15/8) lalu.

Kabar duka itu diketahui dari informasi di laman resmi mantan klub Wullems, AZ Alkmaar pada Selasa (18/8) malam waktu Indonesia. Di laman resminya, klub Eredivisie itu memberitahukan Wullems meninggal pada usia 84.

“Mantan pelatih AZ pelatih Henk Wullems meninggal dunia pada Sabtu lalu. Pelatih yang lahir di Haarlemer itu berusia 84 tahun. Wullems bekerja untuk AZ periode 1990 dan 1993,” demikian pernyataan Alkamaar.

“AZ berharap semua kerabat dan pemangku kepentingan diberikan kekuatan dengan kehilangan ini.”

Wullems memulai karier sebagai pelatih tahun 1968 di Belanda. Ia kerap gonta-ganti klub di Belanda hingga akhirnya menginjakkan kaki di Indonesia.

Pria yang semasa aktif berposisi sebagai pemain belakang itu melatih Bandung Raya. Di musim debutnya, Wullems berhasil mengantarkan Bandung Raya keluar sebagai juara.

Setelah itu, Wullems dipercaya menukangi Timnas Indonesia. Ia menjadi nakhoda Tim Merah Putih di SEA Games 1997 Jakarta dan harus puas dengan medali perak.

Timnas Indonesia gagal menjadi juara setelah takluk dari Thailand lewat drama adu penalti dengan skor 3-5 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dua tahun bersama Timnas Indonesia, Wullems ditunjuk sebagai Direktur Teknik PSM Makassar tahun 1999-2000. Di masa itu, PSM berhasil keluar sebagai juara Liga Indonesia berkat tangan dingin pelatih Syamsudin Umar.

[Gambas:Video CNN]





berita olahraga