Ernesto Valverde Dipecat, Jadi Pelatih Barcelona Berat

Ernesto Valverde Dipecat, Jadi Pelatih Barcelona Berat-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Menjadi pelatih Barcelona tampaknya menjadi salah satu pekerjaan terberat dalam karier kepelatihan.

Terbukti dari pemecatan Ernesto Valverde dari kursi pelatih Blaugrana. Padahal, Valverde total memiliki catatan yang lumayan bagus dan bukan tanpa trofi sama sekali.

Tengok saja dari 145 laga di seluruh kompetisi. Valverde mencatatkan 97 kali kemenangan, 32 imbang, dan hanya 16 kali mengalami kekalahan.

Valverde juga mengantarkan Barcelona menggasak seluruh gelar juara domestik selama menangani klub itu. Di antaranya adalah dua kali juara Liga Spanyol pada 2017/2018 dan 2018/2019.

Ernesto Valverde belum satu pun memberikan gelar juara Liga Champions bagi Barcelona. (Ernesto Valverde belum satu pun memberikan gelar juara Liga Champions bagi Barcelona. (JOSE JORDAN / AFP)

Valverde juga pernah mengantarkan Barcelona meraih gelar juara Copa Del Rey pada 2018. Musim lalu, Barcelona juga meraih gelar juara Piala Super Spanyol.
Hanya saja, empat trofi domestik tersebut dianggap masih dinilai jauh belum cukup. Selama ditangani Valverde, Barca belum satu pun memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa: Liga Champions.

Musim lalu Barcelona hanya mampu tembus ke semifinal Liga Champions. Blaugrana takluk dari Liverpool dengan agregat gol 4-3.

Ernesto Valverde Dipecat, Jadi Pelatih Barcelona Berat

The Reds sendiri berhasil menjadi juara Liga Champions setelah menang 2-0 atas Tottenham Hotspur pada laga final.

Tugas berat itu kini menanti pengganti Valverde, Quique Setien. Mantan pelatih Real Betis itu dikontrak dengan durasi 2,5 tahun. (bac/sry)





berita olahraga