Gol Kane untuk Tottenham Dianulir Gara-gara Ketiak Offside

Gol Kane untuk Tottenham Dianulir Gara-gara Ketiak Offside-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Tottenham Hotspur hanya menang tipis 2-1 atas Brighton & Hove Albion di laga edisi Boxing Day Liga Inggris, Kamis (26/12). Skuat besutan Jose Mourinho bisa saja menang 3-1 atas tim tamu di Stadion Tottenham.

Satu gol Tottenham yang dilesakkan Harry Kane pada menit ke-26 dianulir wasit. Pasalnya berdasarkan bantuan dari Video Assistant Referee (VAR) ketiak striker Timnas Inggris itu kedapatan offside.

Kane menerima umpan terobosan dari Harry Winks melewati barisan pertahanan Brighton. Dia kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kirinya dan bola bersarang ke gawang Mathew Ryan.

Namun, wasit menganulir gol Kane setelah meminta bantuan dari VAR. Dalam tayangan ulang, kaki Kane sebenarnya masih sejajar dengan bek Brighton di posisi paling belakang, Shane Duffy.

Tottenham menang tipis 2-1 atas Brighton & Hove Albion. (Tottenham menang tipis 2-1 atas Brighton & Hove Albion. (AP Photo/Petros Karadjias)

Meski demikian, ketiak Kane tampak melewati posisi Duffy ketika dia menerima bola jika ditarik garis lurus. Wasit Graham Scott pun memutuskan tak ada gol untuk Tottenham.
Tottenham malah kebobolan lebih dahulu pada menit ke-37. Gol tim tamu diciptakan Adam Webster memanfaatkan assist dari Pascal Gross. Skor 1-0 untuk keunggulan Brighton pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Tottenham mampu menyamakan skor 1-1 pada menit ke-53. Gol Kane kali ini dinyatakan sah oleh sang pengadil lapangan. 

Gol Kane untuk Tottenham Dianulir karena Gara-gara Offside

Tembakan Kane di kotak penalti sempat diblok kiper Mat Ryan namun bola liar masih bisa disambar Kane dengan tembakan voli.

Sembilan menit kemudian Dele Alli membalikkan keadaan menjadi 2-1. Gelandang serang asal Inggris itu dengan cerdik menyambut umpan tarik Serge Aurier dengan tembakan terukur ke pojok kanan gawang.

Posisi ketiak Kane yang offside pun dipertanyakan dan jadi bahan guyonan para netizen fan Tottenham meski timnya menang 2-1 atas Brighton.

“Satu lagi kasus VAR benar-benar menyebalkan. Ketiak Kane offside sehingga tak ada gol,” ujar salah satu pemilik akun Twitter.

(bac)





berita olahraga