Gong Oh Kyun, Pengganti Fakhri di Timnas Indonesia U-19

Gong Oh Kyun, Pengganti Fakhri di Timnas Indonesia U-19-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Gong Oh Kyun bakal menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 menggantikan Fakhri Husaini yang tahun lalu mengantarkan David Maulana dan kawan-kawan melaju ke Piala Asia U-19 2020.

Oh Kyun adalah salah satu staf pelatih yang dibawa Shin Tae Yong dari Korea Selatan. Mantan penyerang serba bisa itu mendapat tugas menangani Timnas Indonesia U-19 ditemani Nova Arianto sebagai asisten.

Pria 45 tahun itu sudah menjalani peran sebagai pelatih sejak 2015 sebagai asisten pelatih di klub Shenzhen. Setahun berselang Oh Kyun mulai menjadi bagian timnas Korsel.

Menurut data dari Transfermarkt, Oh Kyun menjabat asisten pelatih timnas Korsel U-18 pada 2016 di bawah pelatih utama Jung Jeong Yong.

Pada tahun yang sama, Oh Kyun juga menjadi asisten pelatih di timnas Korsel U-17 di bawah tiga pelatih berbeda, yakni Jeong Yong, Seo Hyo Won, dan Kim Tae Yeob.

Gong Oh Kyun Pengganti Fakhri di Timnas Indonesia U-19Timnas Indonesia U-19 ketika menjalani laga kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Oh Kyun mulai bekerja sama dengan Shin Tae Yong pada 2017 ketika menjadi asisten pelatih timnas Taegeuk Warrior U-20 dan U-23.

Oh Kyun menjadi salah satu bagian dari timnas Korsel U-20 ketika menyabet medali perak di Piala Dunia U-20 2019 dengan peran sebagai asisten pelatih dari Jeong Yong.

[Gambas:Video CNN]
Sebelum menjadi pelatih, Oh Kyun menghabiskan lebih banyak waktu sebagai pemain di klub Daejeon Citizen yang berkompetisi di liga sepak bola Korea. Setelah 10 musim membela Daejeon, sejak 1997 hingga 2006, Oh Kyun pindah ke Gyeongnam FC.

Gong Oh Kyun Pengganti Fakhri di Timnas Indonesia U-19

Usai dua musim memperkuat Gyeongnam, Oh Kyun kemudian bermain di kesebelasan asal Australia, Sunshine Coast FC, dan mengakhiri karier sebagai pemain di klub semi profesional tersebut.

Oh Kyun kelak bakal bertanggung jawab merancang program Timnas Indonesia U-19 sebelum berlaga di Piala Asia yang akan berlangsung pada Oktober 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. (nva/ptr)





berita olahraga