Hasil Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya Lolos ke Semifinal-Spekta Sports

Hasil Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya Lolos ke Semifinal

Jakarta, CNN Indonesia — Persebaya Surabaya berhasil lolos ke semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 usai mengalahkan Madura United 4-2 pada laga terakhir Grup A di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (14/2).

Di babak pertama, Persebaya tampil begitu nyaman dalam memainkan bola dari kaki ke kaki. Permainan bola-bola pendek skuat asuhan Aji Santoso sulit dibendung para pemain Madura United.

Permainan apik yang ditunjukkan tim Bajul Ijo berbuah gol pada menit ke-21. Tembakan keras Makan Konate dari luar kotak penalti meluncur deras ke sisi kiri gawang tanpa mampu diantisipasi Satria Tama.

Madura United coba merespons dengan menekan pertahanan Persebaya tetapi selalu gagal mencetak gol. Jelang akhir babak pertama, Persebaya justru bisa memperbesar keunggulan jadi 2-0 melalui gol kedua Konate.

Umpan terobosan David da Silva bisa dikonversi gol oleh Konate. Konate lebih dulu mengelabui Satria Tama dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong.

Di babak kedua, Madura United akhirnya bisa memperkecil skor jadi 1-2. Umpan sundulan Brian Fereira disambar Beto Goncalves yang berada di depan gawang untuk membobol gawang Rivky Mokodompit.

Gol yang dicetak Beto membuat tempo jalannya pertandingan semakin sengit. Alih-alih mencetak gol penyama kedudukan, gawang Laskar Sapeh Kerrab malah kebobolan untuk ketiga kalinya.

Posisi Persebaya di puncak klasemen masih bisa digusur Bhayangkara FC.Posisi Persebaya di puncak klasemen masih bisa digusur Bhayangkara FC. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Persebaya mencetak gol ketiga di laga ini berkat kontribusi David Da Silva. Striker asal Brasil itu dengan tenang memanfaatkan bola muntah tendangan Ricky Kambuaya pada menit ke-64.

[Gambas:Video CNN]

Namun keunggulan 3-1 Persebaya hanya bertahan dua menit. Di menit ke-66, Madura United memperkecil skor jadi 2-3 melalui gol Haris Tuharea.

Gol tercipta melalui tendangan ke tiang jauh setelah Haris mengelabui satu pemain Persebaya di dalam kotak penalti.

Hasil Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya Lolos ke Semifinal

Sembilan menit jelang laga usai, Persebaya kembali menjauh untuk unggul 4-2 lewat gol Arif Satria. Umpan tendangan bebas, Makan Konate yang salah diantisipasi Satria Tama dengan mudah disundul Arif Satria ke gawang kosong.
Dengan hasil ini, Persebaya berhasil menggaransi satu tiket ke semifinal dan memuncaki klasemen sementara Grup A. Aryn Williams dkk mengoleksi enam poin tetapi posisi mereka bisa digeser Bhayangkara FC jika menang atas Persik Kediri dalam laga malam nanti.

Susunan pemain

Madura United (4-3-3): Satria Tama; Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Andik Rendika Rama; Guntur Ariyadi, Syahrian Abimanyu, Brian Ferreira; Haris Tuharea, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves.

Persebaya Surabaya (4-3-3): Rivky Mokodompit; Koko Ari, Arief Satria, Rizky Ridho, Abu Rizal Maulana; Aryn Williams, Hambali Tholib, Makan Konate; Mochamad Supriadi, David Da Silva, Bayu Nugroho. (jal/sry)





berita olahraga