Hasil Piala AFF Futsal: Indonesia Tahan Imbang Vietnam

Indonesia Hadapi Myanmar di Semifinal Piala AFF Futsal-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Timnas futsal Indonesia bakal berhadapan dengan Myanmar pada babak semifinal Piala AFF Futsal yang akan berlangsung di Stadion Phu Tho, Ho Chi Minh, Vietnam, Jumat (25/10).

Tim Merah Putih sudah memastikan lolos ke semifinal usai membekuk Australia 8-3 dalam laga yang berlangsung Rabu (23/10) sore. Namun kepastian anak asuh Kensuke Takahashi menjadi juara Grup B baru didapat setelah Vietnam mengalahkan Malaysia 4-2 dalam pertandingan yang berlangsung Rabu malam.

Indonesia dan Vietnam memiliki poin sama. Tim Garuda dan Gold Dragon sama-sama mengumpulkan tujuh poin hasil dari dua kali menang dan satu kali imbang, namun Andri Kustiawan dan kawan-kawan memiliki selisih gol yang lebih baik.

Dari tiga kali berlaga, Indonesia mencetak 11 gol dan hanya kebobolan lima kali. Sementara Vietnam hanya mencetak enam gol dan kebobolan dua kali.

Indonesia Hadapi Myanmar di Semifinal Piala AFF FutsalBeberapa pemain timnas futsal Indonesia U-20 tampil di ajang Piala AFF Futsal 2019. (AFC)

Kepastian menjadi juara grup juga menentukan lawan Indonesia pada babak semifinal, yakni Myanmar yang merupakan runner up Grup A.

Myanmar kalah saing dari Thailand dalam perebutan posisi juara grup. Myanmar yang berpesta gol ketika mengalahkan Timor Leste dan Kamboja, tak mampu membendung raja futsal ASEAN. Myanmar mengalami kekalahan 0-9 dari Thailand pada laga terakhir Grup A.

[Gambas:Video CNN]
Dengan demikian Thailand akan menghadapi tuan rumah Vietnam pada semifinal. Pemenang dalam laga antara Thailand dan Vietnam akan bertemu dengan pemenang laga antara Indonesia dan Myanmar.

Indonesia Hadapi Myanmar di Semifinal Piala AFF Futsal

Kemenangan atas Australia yang diraih pada hari terakhir fase grup menjadi kunci keberhasilan Indonesia menjadi juara grup. Margin lima gol atas Australia menjadi tabungan penting bagi Indonesia dalam adu selisih gol dengan kontestan lain.

Pelatih Kensuke mengapresiasi para pemain yang mampu menjalankan arahannya dengan baik sehingga mengukir kemenangan atas Australia.

“Benar-benar pertandingan yang sulit ya. Saya harus mengapresiasi pemain yang telah bekerja keras. Mereka berhasil aplikasikan skema dan saya bangga sekali dengan mereka,” ucap Kensuke dikutip dari Antara.

“Sempat ada kesalahan di mana kami kena banyak foul. Saya coba powerplay untuk mengulur waktu ternyata tidak berhasil dan kebobolan dari situ. Tapi saya bangga dengan pemain, kesalahan saya tersebut bisa ditutupi dan diperbaiki mereka dengan tenang hingga mampu memberikan kemenangan ini,” sambungnya.





berita olahraga