Indonesia U19 vs Hong Kong U19: Pelatih Hong Kong Puji Indonesia-Spekta Sports

Meraih kemenangan 3-1 kontra Timor-Leste di pertandingan pertama kualifikasi Piala AFC U19 2020, Tim Nasional U19 memimpin klasemen sementara Grup K. Kemenangan yang diraih David Maulana dan kawan-kawan ini menjadi modal berharga skuat asuhan Fakhri Husaini untuk dua pertandingan berikutnya, kontra Hong Kong dan Korea Utara.

“Syukur Alhamdulillah kita bisa mengamankan tiga poin di pertandingan pertama. Semua tahu bahwa laga pertama tidaklah mudah. Saya sempat mengkhawatirkan faktor mental pemain karena harapan masyarakat begitu tinggi. Mereka bisa mengatasi itu dan hasilnya terlihat di atas lapangan,” ungkap Fakhri dilansir situs resmi PSSI.

Timnas Indonesia U19 menatap pertandingan kedua babak kualifikasi Piala AFC U19 2020 melawan Hong Kong pada Jumat (8/11). Pada laga pertama, Hong Kong yang dilatih oleh Thorlakur Arnason mampu menahan imbang Korea Utara 1-1. Tapi Fakhri telah siap menghadapi permainan “Kami fokus pada latihan pemulihan karena jeda yang dimiliki hanya sedikit. Pada laga lawan Hong Kong, mungkin perlu rotasi. Tapi tidak akan banyak mengubah komposisi,” buka pelatih berusia 54 tahun tersebut.

Hong Kong U19 vs Indonesia U19 (Live Streaming)

“Menurut saya, Hong Kong punya potensi untuk membuat kejutan. Pada partai pembuka saja mereka bisa mencetak gol dan unggul lebih dulu melawan tim unggulan. Kami sudah mempersiapkan strategi untuk itu,” kata Fakhri.

Sementara Arnason percaya diri setelah melihat permainan skuatnya melawan Korea Utara. “Semua bisa terjadi di sepakbola. Sebelum kebobolan, kami bermain dengan sangat baik. Korea Utara dapat membalas karena memanfaatkan kesempatan yang ada,” katanya.

Hong Kong dan Indonesia sama-sama ingin melanjutkan momentum mereka. Kubu Garuda Muda akan sedikit lebih diunggulkan karena berlaga sebagai tuan rumah. Pemain-pemain yang dimiliki oleh Fakhri Husaini juga mengenal satu sama lain sejak lama. Mengingat 13 dari 23 pemain Indonesia U19 adalah jebolan Garuda Select.

Pengaruh Garuda Select

Kualifikasi Piala AFC U19 2020 dan Garuda Select ini dapat menjadi tumpuan untuk Indonesia sebelum menjamu negara-negara lain di Piala Dunia U20 2021. Belajar dari negara-negara lain, peluang prestasi datang akan lebih besar ketika skuat tidak mengalami banyak perubahan.

Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, sudah merasakan dampak positif dari pembinaan pemain muda mereka dengan menjadi negara terbaik Asia di 2019. “Pemain kami sudah mengenal sesama sejak kecil. Mereka sama-sama belajar di Aspire Academy. Ditambah dengan bantuan dari pihak asosiasi, kami bisa sampai di sini,” kata Pelatih Tim Nasional Qatar, Felix Sanchez.


Angola juga bisa menjadi contoh lain. Lolos ke Piala Dunia U17 untuk pertama kalinya pada 2019, wakil Benua Afrika itu pun tidak mengubah banyak komposisi dari Piala Afrika U17 yang digelar enam bulan sebelumnya.

Kepala Pelatih Angola, Pedro Goncalves, masih mengandalkan pemain-pemain yang sama dengan para pemain di Piala Afrika U17 2019 seperti Abdoul Barri, Zito Luvumbo, ataupun Capita. Walaupun terhenti pada babak 16 besar, Capita dan kawan-kawan berhasil mencetak sejarah baru bagi negara mereka. Bahkan, berkat penampilannya di Piala Dunia U17 2019, Zito disebut menjadi incaran West Ham dan Manchester United.

Saksikan cerita perjalanan Bagus Kahfi dan kawan-kawan dalam Garuda Select the Movie. (Link Streaming)

Perjalanan anak-anak muda Indonesia masih panjang. Kualifikasi Piala AFC U19 2020 adalah masa persiapan pertama mereka menuju panggung dunia. Kemenangan melawan Timor-Leste di partai pembuka Grup K adalah awal dari momentum mereka. Sementara Garuda Select akan jadi kunci kelanjutan prestasi negara.

Garuda Select dan Timnas U19 mungkin akan lebih dari sekedar tim usia muda. Mereka akan memengaruhi tim senior juga. Pelatih Tim Nasional Hong Kong, Thorlakur Arnason, bahkan telah melihat potensi itu dari calon lawan mereka (8/11). “Sudah menjadi harapan semua negara agar pemain-pemain yang ada berlatih dan disiapkan untuk ke level senior,” puji Arnason terhadap program Garuda Select dan Tim Nasional Indonesia U19.


Seluruh pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U19 dapat disaksikan di Mola TV.





berita olahraga