Inggris menang, Wayne Rooney tak meyakinkan-Spekta Sports

inggris malta

Hak atas foto
REUTERS

Image caption

Delle Ali menuntaskan kemenangan Inggris atas tim lemah, Malta, di Stadion Wembley.

Gareth Southgate mengawali penampilannya sebagai manajer interim Inggris dengan kemenangan 2-0 atas tim negeri mungil Malta di Stadion Wembley dalam kualifikasi Piala Dunia Grup F.

Southgate ditugasi menangani empat pertandingan timnas Inggris yang ditinggalkan Sam Allardyce setelah hanya satu pertandingan karena skandal terkait upaya mengakali larangan kepemilikan pemain oleh pihak ketiga di Liga Primer, tak mendapat tantangan berarti dalam mengatasi Malta.

Sundulan cerdas Daniel Sturridge dari umpan silang Jordan Henderson membuka skor di menit 29 menit, dilengkapi gol kedua oleh Dele Alli di menit ke 38.

Hanya penampilan heroik kiper Malta Andrew Hogg yang membuat Malta tak kebobolan lebih banyak. Ia menggagalkan tembakan lain Delle Alli, serta tendangan Wayne Rooney, Theo Walcott dan debutan Jesse Lingard.

Rooney kembali menjadi topik pembicaraan menjelang pertandingan: Apakah dia layak mendapatkan tempatnya di timnas Inggris setelah penampilannya yang mengecewakan menyusul kontroversi tentang “bermain di posisi mana saja” dalam satu-satunya pertandingan yang ditangani Allardyce, dalam kemenangan susah payah 1-0 atas Slovakia.

Namun Southgate tidak ragu baik mempertahankan Rooney sebagai kapten maupun dalam memainkannya sejak awal melawan Malta.

Hak atas foto
REUTERS

Image caption

Wayne Rooney dipertahankan sebagai kapten dan dimainkan sejak awal -namun apakah ia masih pantas mendapatkan tempatnya di timnas?

Tetapi pertanyaan tentang prospek jangka panjang Rooney tidak dapat dijawab melalui pertandingan menghadapi lawan seperti Malta dalam penampilan yang tak terlampau meyakinkan itu.

Rooney bermain di peran lini tengah yang dalam, seringkali hampir menjadi pemain terdalam Inggris di paruh waktu pertama, dan penampilannya terutama ditandai dengan penyaluran umpan melebar dan tembakan sewaktu-waktu – menerobos maju ke daerah bahaya yang dulu menjadi ciri khasnya.

Dia memang melontarkan tembakan yang hanya gagal membuahkan gol berkat penampilan kiper Hogg, namun secara keseluruhan ia tak tampak berhasil meyakinkan kalangan yang mempermasalahkan tempatnya di timnas.

Dia juga beruntung tidak dihukum untuk pelanggaran berbahaya di paruh waktu pertama.



berita olahraga