Intip Jersey Tandang Timnas Indonesia Buatan Lokal-Spekta Sports

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan alasan memilih produk lokal untuk jersey Timnas Indonesia.

Jakarta, CNN Indonesia —

PSSI resmi memperkenalkan jersey tandang Timnas Indonesia buatan produk dalam negeri pada Senin (27/7).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mengatakan alasan PSSI pilih produk lokal untuk jersey Timnas Indonesia. Itu diungkapkan dalam rilis resmi jersey tandang terbaru Timnas Indonesia yang dikeluarkan Mills.

Iwan Bule mengatakan pemilihan produk lokal untuk memproduksi jersey Timnas Indonesia sudah sejak lama. Bahkan sebelum ia secara resmi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

Padahal, ia mengetahui bahwa pabrik jersey terkenal dunia berada di Indonesia. Sehingga pemilihan produk lokal dipercaya tidak akan kalah dengan kualitas produk luar negeri.

“Mereka [Mills] berada di Indonesia. Kantor di Jakarta, gudang ada di Jakarta Utara, pabrik di Tangerang, dan pegawai-pegawainya asli orang Indonesia semua. Saya ingin Indonesia bisa bangga karena itu,” ungkap Iwan Bule.

PSSI dan Mills launching Jersey Timnas Indonesia, Senin (27/7).Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan aalsan PSSI menggunakan produk lokal untuk jersey Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)

Kedua, keputusan memilih produk lokal untuk memproduksi jersey Timnas Indonesia juga untuk mendukung arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memerintahkan untuk menggalakkan produk lokal yang bisa dijual di dalam maupun luar negeri.

“Kemudian juga dengan produk lokal, pasti menggerakkan usaha kecil dan menengah serta membuka lapangan kerja yang bagus untuk orang-orang yang dibutuhkan jadi pegawai. Saya ingin ada produk dalam negeri yang dikenal secara luas di Indonesia dan luar negeri.”

“Banyak produk tetangga yang dikenal di kita. Mills jangan kalah karena saya bangga, negara yang saya cintai, bangga Pancasila dan Merah Putih,” jelasnya.

Iwan Bule memastikan, mulai dari Piala Asia U-19 di Uzbekistan, lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala Asia U-16 di Bahrain sampai ke Piala Dunia U-20 2021 akan menggunakan jersey dari Mills. Iwan Bule menegaskan, sebuah kebanggaan produk lokal bisa turut tampil dan memamerkannya di kancah internasional.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

“Desainnya salah satu inovasi terbaru warna putih melambangkan kesucian, hijau melambangkan kesuburan Indonesia. Garis putih di tengah itu garis khatulistiwa. Secara transparan ada pulau-pulau di Indonesia yang kalau malam kelihatan secara transparan pulau-pulau mulai Kalimantan, Papua, Jawa, Sulawesi dan Sumatera,” jelas Iwan Bule.

Ketua PSSI Minta Shin Tae Yong Kalahkan Vietnam

Sementara itu, Iwan Bule berharap Timnas Indonesia yang bakal melanjutkan pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia melawan Vietnam bisa membalaskan kekalahan di kandang beberapa waktu lalu. Begitu juga ketika melawan Thailand dan Uni Emirates Arab (UEA).

“Lawan Vietnam di Vietnam saya minta balas itu. Saya minta ke Shin Tae Yong bagaimana pun Vietnam harus kalah, dibalas kekalahan di kandang. Thailand juga harus dibalas kalah. Lawan Arab juga di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, anggota Exco PSSI Endri Erawan dan Haruna Soemitro.

Sebelumnya, PSSI dan Mills lebih dulu merilis jersey kandang Timnas Indonesia secara virtual pada April lalu. Jersey tersebut menuai pro kontra dari kalangan suporter Garuda Indonesia lantaran ada tulisan PSSI di bagian belakangnya.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/bac)





berita olahraga