Barcelona

Jadwal Lengkap Liga Champions dan Liga Europa-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Liga Champions dan Liga Europa resmi bergulir di bulan Agustus. Berikut jadwal lengkap kedua turnamen tersebut.

UEFA akhirnya merilis jadwal dua kompetisi elite Eropa tersebut. Seperti yang diperkirakan, Liga Champions dan Liga Europa akan dimainkan setelah kompetisi domestik selesai.

Hal itu patut dilakukan untuk mengurangi mobilitas tiap tim seperti bila mereka menjalani dua kompetisi sekaligus di era sebelum pandemi corona.

Kini, Liga Champions dan Liga Europa bakal dipusatkan di satu negara. Liga Champions bakal dimainkan di Portugal sedangkan Liga Europa bakal dimainkan di Jerman. Format ini membuat klub bakal menghadapi kompetisi dengan format turnamen seperti Piala Dunia atau Piala Eropa.

Real Madrid's Uruguayan midfielder Federico Valverde (L) challenges (From 2ndL) Manchester City's French defender Benjamin Mendy, Manchester City's Spanish midfielder Rodri and Manchester City's German midfielder Ilkay Gundogan during the UEFA Champions League round of 16 first-leg football match between Real Madrid CF and Manchester City at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid on February 26, 2020. (Photo by OSCAR DEL POZO / AFP)Manchester City dan Real Madrid bakal memperebutkan tiket perempat final Liga Champions. (AFP/OSCAR DEL POZO)

Sau hal yang belum mencapai kesepakatan adalah soal leg kedua babak 16 besar Liga Champions dan Liga Europa. Sejauh ini belum ditentukan lokasi pertandingan fase tersebut, tetap di markas tuan rumah atau langsung digelar di Portugal (Liga Champions) dan Jerman (Liga Europa).

Format turnamen yang digunakan untuk Liga Champions dan Liga Europa musim ini bakal menuntut kondisi fisik dan kebugaran para pemain tiap tim. Dengan jeda 4-6 hari tiap laga, klub-klub tidak bisa berharap mendapat istirahat yang cukup.

Cedera pemain bakal jadi hal serius bagi tiap klub. Cedera kategori sedang sudah membuat pemain punya risiko melewatkan laga selanjutnya.

Final Liga Europa akan diselenggarakan pada 21 Agustus sedangkan partai puncak Liga Champions dimainkan pada 23 Agustus.

Jadwal Lengkap Liga Champions

Leg Kedua Babak 16 besar: 7-8 Agustus
Perempat Final: 12-15 Agustus
Semifinal: 18-19 Agustus
Final: 23 Agustus

Jadwal Lengkap Liga Europa

Leg kedua Babak 16 Besar: 5-6 Agustus
Perempat Final: 10-11 Agustus
Semifinal: 16-17 Agustus
Final: 21 Agustus

(ptr/jun)

[Gambas:Video CNN]





berita olahraga