Jelang Kick Off Bundesliga: Munchen Ditempel Ketat Dortmund-Spekta Sports

Jelang Kick Off Bundesliga: Munchen Ditempel Ketat Dortmund

Jakarta, CNN Indonesia — Seluruh tim peserta Bundesliga¬†Liga Jerman akan kembali bertanding mulai Sabtu (16/5). Bundesliga menjadi liga di Eropa pertama yang menggelar kompetisi di tengah pandemi virus corona.

Bundesliga memutuskan untuk melanjutkan kompetisi setelah berhenti pada pertengahan Maret 2020 karena pandemi. Liga Jerman akan berlanjut mulai pekan ke-26 dan berlangsung tanpa penonton.

Kompetisi dihentikan saat Bayern Munchen berada di posisi puncak klasemen sementara. Die Roten mengoleksi 55 poin dari 25 laga.
Munchen hanya unggul empat poin atas pesaing terdekat Borussia Dortmund yang nangkring di posisi kedua. Diikuti RB Leipzig, Borussia Moenchengladbach, dan Bayer Leverkusen.

Tak seperti musim-musim sebelumnya, Munchen tidak lagi mendominasi musim ini. Robert Lewandowski dan kawan-kawan mendapatkan perlawanan sengit dari Dortmund dan RB Leipzig.

Borussia Dortmund players celebrate at the end of the Champions League round of 16 first leg soccer match between Borussia Dortmund and Paris Saint Germain in Dortmund, Germany, Tuesday, Feb. 18, 2020. (AP Photo/Martin Meissner)Borussia Dortmund meramaikan persaingan untuk memperebutkan gelar Bundesliga musim ini. (AP Photo/Martin Meissner)

Nama tim terakhir bahkan sempat memuncaki klasemen Bundesliga. Racikan taktik Julian Nagelsmann dan ketajaman sang penyerang andalan, Timo Werner, membuat Leipzig menjadi salah satu kuda hitam dalam persaingan di jalur juara.

Namun, Leipzig sempat kehilangan konsistensi sehingga posisi puncak direbut kembali Munchen. Munchen yang sempat kepayahan saat ditangani Niko Kovac perlahan bisa menemukan performa terbaik di bawah komando Hans Flick.

Perlahan grafik penampilan Munchen mengalami peningkatan. Skuat asuhan Flick bahkan belum lagi menderita kekalahan sejak dipecundangi Monchengladbach pada 7 Januari 2019.

Meski menempati puncak klasemen, Munchen wajib waspada saat Bundesliga digelar kembali. Hal ini dikarenakan jarak mereka dengan tim-tim pesaing yang tidak terlalu signifikan.

GIF Banner Promo Testimoni

Munchen hanya unggul empat poin atas Dortmund. Bahkan jarak Munchen dengan tim yang menempati peringkat kelima, Bayer Leverkusen hanya delapan poin.

Dengan demikian, masih ada lima tim yang berpeluang besar mengangkat trofi di akhir musim. Persaingan pun diyakini akan sengit di sisa musim ini.

Di sisi lain perburuan gelar top skor Bundesliga musim ini mengerucut kedua nama yakni Lewandowski dan Werner. Lewandwoski saat ini unggul empat gol atas Werner.

Penyerang asal Polandia itu sudah mencetak 25 gol diikuti Werner dengan 21 gol. Di posisi berikutnya terdapat nama winger Dortmund Jadon Sancho yang mengoleksi 14 gol.

Bundesliga Liga Jerman akhir pekan ini akan dibuka dengan bentrok Dortmund yang menjamu Schalke 04 di Signal Iduna Park pada Sabtu (16/5) mulai pukul 20.30 WIB. Sementara Munchen baru akan bertanding pada Minggu saat tandang ke markas tim promosi, Union Berlin.

[Gambas:Video CNN] (jal/ptr)





berita olahraga