Joao Felix, Pemain Portugal Kedua Peraih Golden Boy

Joao Felix, Pemain Portugal Kedua Peraih Golden Boy-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Bintang muda Atletico Madrid Joao Felix meraih penghargaan Golden Boy 2019 mengalahkan Jadon Sancho dan Kai Havertz.

Dengan meraih Golden Boy 2019, Felix jadi pemain kedua Portugal yang mendapatkan penghargaan tersebut setelah Renato Sanchez pada 2016. Menariknya, keduanya sama-sama berasal dari Benfica sebelum pindah klub. Sanchez pindah ke Bayern Munchen, sedangkan Felix ke Atletico.

Dalam pemungutan suara, mantan pemain Benfica tersebut unggul telak dengan meraih 332 poin. Sedangkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund mendapat 175 poin, dan Kai Havertz dari Bayer Leverkusen yang ada di posisi ketiga meraih 75 poin.



Felix tidak saja menyingkirkan Sancho dan Havertz, tetapi juga Matthijs de Ligt yang pemenang Golden Boy 2018. Di tahun ini bek Juventus itu menempati posisi kelima di bawah Erling Haaland.

[Gambas:Video CNN]
Penghargaan ini diberikan kepada pemain berusia di bawah 21 tahun yang tampil memukau selama satu tahun kalender di seluruh liga di Eropa. Dikutip dari Football Espana, pemilihan Golden Boy dilakukan oleh 40 jurnalis dengan sebagian besar berasal dari media Italia dan juga media internasional.

Joao Felix, Pemain Portugal Kedua Peraih Golden Boy

Masing-masing juri akan diberikan kesempatan memasukkan lima nama. Pemain yang berada pilihan pertama dalam pemungutan suara itu akan mendapat nilai 10, posisi kedua mendapat 7 poin, ketiga bernilai 5 poin, keempat mendapat 3 poin, dan kelima meraih 1 poin.
Penghargaan Golden Boy diselenggaraan mesia Italia Tuttosport sejak 2003. Sejumlah bintang sepak bola saat ini tercatat pernah meraih Golde Boy, sebut saja: Wayne Rooney (2004) Lionel Messi (2005), Sergio Aguero (2007), Mario Balotelli (2010), hingga Paul Pogba (2013). (sry)





berita olahraga