PSG lolos ke semifinal Liga Champions usai mengalahkan Atalanta 2-1 di Stadion Da Luz, Kamis (13/8) dini hari waktu Indonesia.

Kalahkan Atalanta, PSG Lolos ke Semifinal Liga Champions-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Paris Saint-Germain (PSG) lolos ke semifinal Liga Champions usai mengalahkan Atalanta 2-1 di Stadion Da Luz, Kamis (13/8) dini hari waktu Indonesia. PSG bangkit di babak kedua setelah tertinggal 0-1 di babak pertama.

PSG tertinggal 0-1 lebih dahulu di babak pertama lewat gol Mario Pasalic di menit ke-26 memanfaatkan umpan Duvan Zapata.

Gol itu bermula dari serangan Atalanta lewat Duvan Zapata. Hanya saja, bek Presnel Kimpembe gagal menghalau bola yang dikuasai Zapata. Bola lalu bergulir ke arah Pasalic yang berada di kotak penalti. Dengan tenang Pasalic melepaskan sepakan melengkung dengan kaki kiri sehingga bola tidak bisa dijangkau Navas.

Di awal babak kedua Atalanta memberikan tekanan kepada PSG. Di menit ke-48 sundulan Djimsiti diblok pemain belakang lawan yang hanya membuahkan sepak pojok.

Sampai dengan babak kedua berjalan 10 menit, PSG belum memberikan ancaman berarti kepada Atalanta. Meski mendominasi permainan, namun Les Parisiens tidak bisa membongkar solidnya pertahanan La Dea.

Djimsiti kembali membuang kesempatan Atalanta unggul 2-0 di menit ke-58. Tendangan voli kaki kiri Djimsiti dalam posisi yang cukup terbuka justru melenceng di sisi kanan gawang Sportielli.

Pertahanan rapat mulai diterapkan tim asuhan Gian Piero Gasperini itu ketika Kylian Mbappe masuk di menit ke-60 menggantikan Pablo Sarabia.

Delapan hingga sembilan pemain Atalanta bisa berada di garis pertahanan serta kotak penalti ketika PSG menyerang. Saat balik menekan, Atalanta hanya mengandalkan Duvan Zapata, karena lini tengah harus membagi konsentrasi dalam bertahan.

PSG's Kylian Mbappe, centre, attempts a shot on goal during the Champions League quarterfinal match between Atalanta and PSG at Luz stadium, Lisbon, Portugal, Wednesday, Aug. 12, 2020. (David Ramos/Pool Photo via AP)Kylian Mbappe berikan satu assist saat melawan Atalanta. (AP/David Ramos)

Bukan saja Neymar yang kesulitan membobol gawang Sportiello, tetai juga Mbappe. Di menit ke-74 Mbappe bisa melewati adangan Mattia Caldara. Tetapi ketika hanya tinggal melawan kiper, Mbappe gagal menuntaskan tugasnya setelah tendangannya diblok Sportiello dengan kaki kanan.

Kegagalan Mbappe diikuti Neymar di menit ke-77. Neymar mencoba mencetak gol dengan tendangan placing mendatar menggunakan kaki kanan. Hanya saja, upaya Neymar itu tidak terlalu sulit bagi Sportiello untuk mengamankan bola.

[Gambas:Video CNN]

Kesulitan membobol gawang Atalanta tampaknya membuat Neymar sedikit frustrasi. Pemain 28 tahun itu sampai turun ke garis pertahanan dalam membangun serangan.

PSG menyamakan kedudukan di menit ke-90 melalui sontekan Marquinhos memanfaatkan umpan Neymar dari sisi kiri. Gol itu bermula dari umpan lambung Eric Choupo-Moting kepada Neymar yang diteruskan kepada Marquinhos.

Gol telat Marquinho di menit ke-90 membuka harapan PSG. Les Parisiens berbalik unggul di menit ke-90+3 lewat tendangan Coupo-Moting mengonversi operan Mbappe.

Atalanta punya satu peluang melalui Luis Muriel ketika memgang bola di kotak penalti PSG pada menit-menit akhir. Hanya saja, Muriel tidak bisa menguasai bola dengan baik dan akhirnya berbuah tendangan gawang untuk lawan. PSG menang 2-1 dan lolos ke semifinal Liga Champions.

Susunan Pemain:

Atalanta: Sportiello; Toloi, Caldara, Djimsiti; Hateboer, Freuler, De Roon, Gosens; Papu, Pasalic, Duvan.

PSG: Navas; Kehrer, Silva, Kimpembe, Bernat; Herrera, Marquinhos, Gueye; Neymar, Sarabia, Icardi.

(sry)





berita olahraga