Karl-Johan Johnsson melakukan 13 penyelamatan selama 120 menit melawan Man United di perempat final Liga Europa.

Karl-Johan Johnsson, Kiper Copenhagen yang Buat MU Frustrasi-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Manchester United membutuhkan penalti untuk menaklukkan penjaga gawang Copenhagen, Karl-Johan Johnsson, yang tampil nyaris sempurna dalam laga perempat final Liga Europa, Selasa (11/8) dini hari.

Johnsson yang baru menjalani musim perdana di Copenhagen menunjukkan kepiawaian di bawah mistar gawang ketika menghadapi Man United.

Kiper asal Swedia tersebut tercatat melakukan 13 kali penyelamatan yang terdiri dari lima tangkapan dan delapan tangkisan. Tujuh di antara ancaman yang didapat Johnsson berasal dari dalam kotak penalti.

Anthony Martial, Juan Mata, Marcus Rashford, dan Paul Pogba harus gigit jari lantaran usaha mencetak gol digagalkan Johnsson yang cekatan.

Aksi-aksi Johnsson membuat laga di waktu normal berakhir imbang tanpa gol, sehingga pertandingan berlanjut ke babak 2×15 menit.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion RheinEnergie, Koln, Man United melepaskan total 14 tembakan ke arah gawang. Satu-satunya upaya Manchester Merah yang gagal dihalau Johnsson adalah penalti Bruno Fernandes pada menit ke-95. Dalam momen tendangan 12 pas tersebut, sebenarnya Johnsson pun sudah membaca arah bola dengan tepat.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Penampilan gemilang Johnsson membuat mantan pemain Man United, Robin van Persie, melontarkan pujian. Manajer Man United, Ole Gunnar Solskjaer, juga terlihat menjabat tangan Johnsson seketika laga usai.

Karier profesional Johnsson dimulai di klub Halmstad. Setelah empat tahun bermain di negara sendiri, Johnsson kemudian bermain di klub NEC yang bermarkas di Nijmegen, Belanda.

Dua musim di Belanda, mantan kiper timnas Swedia U-19 dan U-21 itu bergabung dengan Randers di liga Denmark. Pada musim 2016/2017, Johnsson memilih melanjutkan karier di Ligue 1 bersama Guingamp. Baru pada awal musim ini, Johnsson menjadi andalan Copenhagen.

Di timnas Swedia, Johnsson sudah bermain sebanyak tujuh kali. Kiper kelahiran 1990 ini juga turut membela skuad Blaugult di Piala Dunia 2018.

[Gambas:Video CNN]

(nva)





berita olahraga