Kemenpora Pangkas Anggaran Demi Bantu Penanggulangan Corona-Spekta Sports

Kemenpora Pangkas Anggaran Demi Bantu Penanggulangan Corona

Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengikuti instruksi pemangkasan anggaran sehingga anggaran yang ada bisa dialokasikan untuk membantu penanganan dan penanggulangan virus corona di Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pemangkasan anggaran juga dilakukan seluruh kementerian dan lembaga saat ini lewat review terhadap anggaran masing-masing.

“Karena kami tahu persis, kita sedang hadapi satu bencana, covid-19. Kemenpora melakukan itu dengan prinsip-prinsip. Pertama adalah meniadakan kegiatan-kegiatan baik di kepemudaan maupun di bidang keolahragaan yang sudah terprogram sebelumnya dan melibatkan orang banyak maka kami hentikan,” kata Menpora.



Anggaran yang ditinjau ulang akan dialihkan dan lebih dikonsentrasikan untuk penanganan covid-19 di lingkungan kepemudaan dan keolahragaan.

Kemenpora Pangkas Anggaran Demi Bantu Penanggulangan Corona

“Ini tentu pilihan yang tidak enak, tapi ini harus kita lakukan, supaya masyarakat bersama-sama dengan pemerintah secara bergotong-royong melakukan hal yang sangat dibutuhkan untuk penanganan covid-19 ini,” sebutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menjelaskan pengalihan anggaran yang dilakukan Kemenpora meliputi perjalanan dinas, sosialisasi, seminar, gathering, kesekretariatan sampai anggaran di empat deputi.

Sebagian anggaran yang telah ditinjau ulang itu, disebut Gatot, akan dialihkan untuk pembelian alat kesehatan di kalangan Kemenpora serta membantu masyarakat umum yang membutuhkan.

Kemenpora Pangkas Anggaran Demi Bantu Penanggulangan Corona

“Tapi Ibu Menteri Keuangan belum merasa cukup karena yang dibutuhkan negara itu banyak. Makanya kementerian dan lembaga masih diminta untuk menyisir kembali anggaran yang nantinya akan diberikan ke negara sebagai bentuk kontribusi bersama. Sebab kan negara butuh banyak anggaran untuk menangani wabah virus corona,” ujar Gatot melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Selasa (24/3).

Kemenpora sendiri disebut Gatot sudah mengeluarkan nota dinas internal permohonan menyisir kembali anggaran yang bisa dialihkan penggunaannya.

“Seperti yang Pak Menpora sebut, kami tidak akan mengotak-atik anggaran untuk PON sekitar Rp500 miliar. Kami berusaha dan hati-hati sekali dalam mereview mana-mana anggaran yang akan dipangkas. Terutama yang menyangkut hak atlet ya. Pada waktunya nanti akan disebut berapa total yang direview,” ucap Gatot.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/ptr)





berita olahraga