Netizen Nilai Jon Jones Tak Layak Menang Lawan Reyes di UFC

Kertas Rekap Skor Jon Jones vs Reyes Dinilai Janggal-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Kertas skor yang digunakan merekap penilaian para juri pada pertarungan Jon Jones vs Dominick Reyes di UFC 247 dinilai janggal.

Jon Jones sendiri menang angka mutlak atas Reyes dalam pertarungan lima ronde di Toyota Center, Sabtu (8/2) waktu setempat. Tiga juri memberikan nilai 48-47,48-47, dan 49-46 untuk kemenangan Jones.

Kemenangan itu pun dinilai kontroversial. Pasalnya dalam pertarungan, Reyes dianggap sejumlah fan dan pengamat Mixed Martian Art (MMA) lebih dominan dan banyak mendaratkan pukulan serta tendangan ke kepala dan tubuh Jones.

Terlebih di ronde pertama, rasio pukulan dan tendangan Reyes dan Jones adalah 21:12. Pemilik sabuk juara light heavyweight itu bahkan sempat dijatuhkan Reyes di ronde tersebut.

Pukulan Jon Jones mengenai wajah Reyes. (Pukulan Jon Jones mengenai wajah Reyes. (AP Photo/Michael Wyke)

Dilansir dari Yahoo Sports, belakangan salah satu jurnalis UFC Marc Raimondi mengunggah ke akun Twitter kertas skor yang digunakan untuk merekap penilaian juri.
Di formulir rekap penilaian itu terdapat tiga kolom penilaian dari juri atas nama Marcos Rosales, Joe Solis, dan Chris Lee.

Rosales memberikan nilai total 48-47 untuk Jones, Solis memberi 49-46 untuk Jones, dan Lee dengan angka 48-47 juga untuk Jones.

Kertas Rekap Skor Jon Jones vs Reyes Dinilai Janggal

Raimondi kemudian mengungkapkan salah satu kejanggalan yang cukup mencolok dalam rekap tersebut. Di formulir tersebut, tepatnya di bagian bawah kiri sudah tertulis dengan ketikan ‘imbang’ dan ‘mayoritas imbang’.

“Sekadar informasi bahwa saya diberi tahu [panitia] bahwa ketikan ‘imbang’ dan ‘mayoritas imbang’ di bagian bawah merupakan kesalahan,” tulis Raimondi dalam akun Twitternya.

Unggahan Raimondi langsung mendapat reaksi dari para netizen penggemar UFC. Salah satu netizen bahkan mempertanyakan kejanggalan lainnya.

“Mohon maafkan ketidaktahuan saya. Namun bisakah seseorang menjelaskan bagaimana di dua ronde pertama tulisan diketik, bukan ditulis seperti pada sisa tiga ronde?” tulis akun @Odinakaodie.

(bac/jun)





berita olahraga