Kesehatan Nomor Satu dibandingkan Liga di Tengah Corona-Spekta Sports

Beto: Kesehatan Nomor Satu dibandingkan Liga di Tengah Corona

Jakarta, CNN Indonesia — Pemain-pemain Liga 1 tak memungkiri ingin segera kembali melanjutkan kompetisi, namun keselamatan dan kesehatan orang banyak menjadi perhatian utama di tengah pandemi virus corona saat ini. Hal itu yang juga ada dalam benak Beto Goncalves.

Pemain naturalisasi, Beto Goncalves, menilai kompetisi sepak bola Indonesia baru akan berjalan jika situasi sudah membaik.

“Saya tidak tahu kalau memang [kompetisi] mau mulai Juni atau Juli. Tapi yang utama sekarang kita harus berpikir tentang kesehatan sekarang. Kalau semua sehat, virus sudah aman baru fokus ke liga,” kata Beto kepada CNNIndonesia.com, Kamis (26/3).



Kesehatan keluarga dan orang tua adalah fokus Beto saat ini, namun sebagai pemain Beto merasakan kerugian. Pemain asal Brasil itu juga bersimpati kepada pemain yang tidak memiliki pemasukan lain selain dari profesinya sebagai pesepakbola.

Pemain Menyampingkan Liga 1 di Tengah Pandemi Virus CoronaBeto Goncalves mengutamakan kepentingan khalayak di tengah wabah virus corona. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

“Pasti ada masalah besar kalau memang liga berhenti total. Sebagai pemain kita memang butuh kerja. Banyak pemain cuma tahu main bola saja, tidak ada yang lain. Kalau berhenti main bola susah buat kita ya.”

“Mungkin kalau saya di Brasil ada bisnis sewa apartemen semacam kos-kosan banyak, saya aman. Tapi banyak pemain yang belum ada bisnis dan hanya bergantung di sepak bola. Kalau berhenti mereka rugi sekali,” ungkap Beto yang kini memperkuat Madura United.

Beto memita kepada pemain lain untuk tetap berdoa supaya kompetisi Liga 1 2020 jangan sampai berhenti total. Di samping itu, pemain lain diminta untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran agar kelak ketika kompetisi berlanjut dapat berlangsung dengan aman.

Pemain Menyampingkan Liga 1 di Tengah Pandemi Virus Corona

“Kita tunggu dulu sampai penyebaran virus corona berhenti dan kompetisi dilanjutkan. Jadi ini bagus untuk semua, saya, pemain, manajemen, suporter semua senang. Jadi kita berdoa saja supaya virus segera selesai dan kita lanjut.”

“Jika keadaan aman, baru kita pikirkan liga karena liga nomor dua setelah keluarga. Pemain jaga diri, tetap latihan, jaga makan, istirahat cukup biar nanti kalau virus itu selesai kita tetap fit dan siap untuk main lagi. Terpenting sekarang penting jaga kesehatan dulu,” sebut Beto.

Pemain Menyampingkan Liga 1 di Tengah Pandemi Virus Corona

Terpisah, bek PSM Makassar Zulkifli Syukur yang sampai saat ini juga masih menunggu keputusan dari PSSI dan LIB terkait kelanjutan Liga 1 2020 juga mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Pasti masalah jika kompetisi berhenti total. Tapi kembali lagi [semua keputusan] ini demi keselamatan orang banyak dan kami harus utamakan buat kebaikan orang banyak. Semoga saja ini cepat berlalu dan kompetisi bisa di lanjutkan kembali,” harap Zulkifli melalui pesan singkat. (TTF/nva)





berita olahraga