Liverpool

Klopp Sulap Pemain Biasa Jadi Kelas Dunia-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Legenda Manchester United Gary Neville memberikan pujian kepada Jurgen Klopp. Neville menilai pelatih Liverpool itu mampu mengubah pemain dengan kualitas biasa saja menjadi kelas dunia.

Klopp datang tahun 2015 lalu saat Liverpool masih berkutat di papan tengah Liga Inggris. Dalam waktu lima tahun, pelatih asal Jerman berhasil mengubah The Reds jadi tim juara.

Klopp mengantarkan Liverpool juara Liga Champions, juara Piala Dunia Antarklub, dan teranyar mengangkat trofi Liga Inggris. Sukses Liverpool itu juga ditengarai karena kemampuan Klopp dalam memoles pemain.

Everton's Seamus Coleman, right, battles for the ball with Liverpool's Sadio Mane during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park in Liverpool, England, Sunday, June 21, 2020. (Peter Powell/Pool via AP)Sadio Mane berhasil dipoles Jurgen Klopp menjadi pemain hebat. (AP/Peter Powell)

“Dia mengubah pemain seharga 30 juta poundsterling menjadi pemain seharga 130 juta poundsterling. Dia mengubah pemain seharga 50 juta poundsterling menjadi seharga 150 poundsterling. Sementara klub lain membeli pemain seharga 130 juta poundsterling dan malah mengubahnya jadi pemain 30 juta poundsterling,” ucap Neville kepada Sky Sports seperti dikutip dari Daily Mail.

“Perekrutan pemainnya brilian, tim pelatihnya brilian, tetapi itu semua berasal dari manajer mereka,” ia melanjutkan.

Salah satu pemain yang berhasil dipoles oleh Klopp dan dijual dengan harga mahal adalah Philippe Coutinho. Gelandang asal Brasil itu dilepas The Reds ke Barcelona dengan nilai transfer 128 juta poundsterling tahun 2018.

Para pemain lain yang juga berhasil dipoles Klopp adalah Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold hingga Andrew Robertson. Tim kota pelabuhan diperkirakan bakal mendapat keuntungan besar andai melepas para pemain ini ke klub lain.

Berdasarkan Transfermarkt, harga Salah dan Mane saat ini berada di angka 120 juta euro. Sementara harga Firmino 72 juta euro, Robertson (64 juta euro) , dan Alexander-Arnold (99 juta euro).

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)





berita olahraga