Mixed martial arts (MMA) fighter Khabib Nurmagomedov gives a press conference in Moscow on November 26, 2018. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Kondisi Ayah Khabib Masih Mengkhawatirkan-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia —

Juara UFC kelas ringan Khabib Nurmagomedov masih mengkhawatirkan kondisi ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, meski sudah terbebas dari virus corona.

Abdulmanap disebut sudah sembuh dari Covid-19. Tetapi menurut Khabib, penyakit lain masih bisa menyerang ayahnya tersebut.

“Kondisinya masih serius, dia masih dalam perawatan intensif. Virus corona, tetapi virus itu memiliki konsekuensi bagi ginjal dan hatinya,” ujar Khabib melalui RT.

“Mengenai virus, tidak perlu khawatir, hanya masalah konsekuensi lainnya,” ucap Khabib menambahkan.

Dikutip dari MMA Fighting, Abdulmanap dirawat di rumah sakit militer di Moskow setelah mengalami stroke sebagai komplikasi dari infeksi Covid-19.

Sejumlah laporan Abdulmanap sempat mengalami koma setelah menjalani operasi jantung. Akan tetapi kondisinya membaik setelah sadar.

Khabib tetap berada di samping ayahnya sejak dirawat di rumah sakit. The Eagle, julukan Khabib, mengatakan Abdulmanap mengenalinya namun masih belum dapat berbicara karena terhubung dengan peralatan medis.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

“Setiap hari mereka membiarkan saya masuk. Saya menghabiskan setengah jam di sana, saya memegang tangannya,” kata petarung 31 tahun itu.

“Ketika saya bertanya: ‘Ayah, apakah kamu mengenali saya?’ Dia memberi isyarat dan memberi tahu saya,” tutur Khabib melanjutkan.

Khabib tidak membantah ayahnya mendapatkan perawatan medis terbaik. Tetapi petarung asal Dagestan, Rusia, itu juga menyadari proses pemulihan ayahnya tersebut masih panjang.

“Di sini ada beberapa dokter terbaik di dunia. Saya tidak khawatir [tentang perawatan ayah], saya berterima kasih banyak kepada mereka,” kata Khabib.

“Dalam hal ini, semuanya baik-baik saja. Butuh waktu, karena konsekuensinya sangat sulit, dan masa rehabilitasi akan lama serta sulit,” ucap Khabib menambahkan.

(sry/nva)





berita olahraga