Pemain berusia 18 tahun, Curtis Jones jadi pahlawan kemenangan Liverpool atas Everton. Jones mencetak gol indah pada menit ke-71 yang mengantarkan The Reds lolos ke babak keempat Piala FA. (AP Photo/Jon Super)

Kostum Liverpool Berubah ke Nike Mulai Musim Depan-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool bakal berganti kostum dari New Balance menjadi Nike mulai musim depan. Nilai sponsor produk apparel itu sebesar 150 juta poundsterling atau setara Rp2,7 triliun dalam durasi lima tahun.
Kerja sama tersebut dimulai pada 2020 ini. Masih dilansir dari Sky Sports, Liverpool kabarnya hanya mendapat tawaran nilai sponsor 30 juta poundsterling (Rp549 miliar) per tahun.

Dengan demikian, nilai sponsor selama lima tahun sebesar 150 juta poundsterling (Rp2,7 triliun). Angka itu sebenarnya lebih kecil dari sponsor lama mereka yaitu New Balance.

Liverpool saat melakoni laga Liga Inggris. (Liverpool saat melakoni laga Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)

Perusahaan apparel yang juga berasal dari Amerika Serikat itu sebelumnya memberikan nilai sponsor sebesar 40 juta poundsterling (Rp732 miliar) per tahun kepada The Reds.

Banyak pula para pendukung The Reds yang mengkritik klubnya berganti sponsor dengan nilai kontrak yang lebih kecil dibandingkan sponsor lama. Namun, pihak klub mencapai kesepakatan karena Nike mampu menawarkan terkait pemasaran dan distribusi produk yang lebih luas.

New Balance sendiri sempat mengajukan gugatan kepada Liverpool pada Oktober lantaran dituduh tak menghormati masa kontrak dengan produk itu yang berakhir pada Mei.

Meski demikian, The Reds menang dalam gugatan itu karena berdasarkan aturan, New Balance tak sanggup menyaingi penawaran Nike mengenai pemasaran dan distribusi produk.

Liverpool Punya Sponsor Baru Senilai Rp2,7 Triliun

“Perlengkapan olahraga kami yang ikonis merupakan bagian penting dalam sejarah dan identitas kami,” ujar Direktur Pelaksana dan Kepala Divisi Komersial Liverpool, Billy Hogan.

“Kami menyambut Nike ke dalam keluarga besar Liverpool FC sebagai salah satu penyedia perlengkapan olahraga kami dan mengharapkan mereka menjadi partner yang luar biasa dari klub di Inggris dan secara global sejalan dengan upaya kami memperluas basis pendukung.”

Desain jersey baru dengan sponsor Nike tersebut pun kabarnya sempat bocor di media sosial seperti Twitter. Meski demikian, belum bisa dipastikan foto-foto tersebut merupakan kaus edisi terbaru The Reds.

(bac/nva)





berita olahraga