Kualitas Timnas Indonesia U19 di Atas Timor Leste

Kualitas Timnas Indonesia U19 di Atas Timor Leste-Spekta Sports

Tim Nasional Indonesia U19 akan memulai babak kualifikasi Piala AFC U19 2020 dengan menghadapi Timor Leste pada Rabu (6/11). Melihat kualitas pemain kedua kesebelasan, skuat asuhan Fakhri Husaini tersebut tampaknya akan menuai hasil positif.

Hal itu tercermin dari pertemuan Indonesia dan Timor Leste beberapa waktu lalu. Indonesia dan Timor Leste di kelompok umur 19 tahun memang pernah bertemu pada Piala AFF U18 yang digelar Agustus silam. Indonesia berhasil menang dengan skor 4-0, lewat gol yang dicetak David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra dan Sutan Zico.

Pada kualifikasi Piala AFC U19 ini, Fakhri pun tetap mengandalkan pemain-pemain yang mengantarkan Indonesia menempati peringkat ketiga pada Piala AFF U18. Hanya satu pemain yang diganti dari 23 nama, yakni Saddam Emirudin yang digantikan Serdy Hepyfano, pemain asal PPLP Maluku Utara.

Fakhri memang ingin terus mengandalkan para pemain yang sudah ia andalkan sebelumnya demi mematangkan strategi dan taktik. Ia hanya akan mengganti pemain jika ada pemain lain yang cocok dengan strategi yang hendak ia terapkan.

Selain Serdy, ada dua pemain “baru” yang mendapatkan kesempatan untuk dibawa ke babak kualifikasi Piala AFC U20 ini, yakni Andre Oktaviansyah dan Fadilah Nur Rahman. Namun hanya Serdy yang memenuhi kriteria Fakhri.

“Mereka tidak ikut serta dalam babak kualifikasi Piala AFC U19 nanti, karena menurut saya belum bisa memenuhi empat aspek; fisik, taktik, teknik, dan mental. Namun saya berharap kepada mereka untuk tidak berkecil hati. Masih ada waktu bagi mereka untuk terus berusaha meningkatkan kemampuannya. Saya ingin melihat progres mereka setelah ini, apa bisa terus berkembang atau malah berhenti di titik ini,” ujar Fakhri dikutip dari laman resmi PSSI.

Skuat ini juga terus dimatangkan Fakhri dalam beberapa waktu terakhir. Hasilnya pun cukup positif, di mana Indonesia berhasil mengalahkan tim Pra-PON DKI (3-0), menahan imbang skuat senior Tira Persikabo (0-0), sekali menumbangkan Tiongkok (3-1) sebelum kalah pada pertemuan kedua dengan skor sama.


Sama seperti Indonesia, Timor Leste pun tampaknya akan membawa pemain-pemain yang sebelumnya diandalkan pada Piala AFF U18 lalu. Pemain-pemain seperti Mouzinho Barreto de Lima, Danilson Araujo, dan Elias Joao da Costa, akan meneror lini pertahanan Indonesia, terlebih ketiganya pun sempat mencicipi bermain di tim nasional Timor Leste saat menghadapi Malaysia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Indonesia sendiri perlu mewaspadai Mouzinho kala menghadapi Timor Leste. Pemain kelahiran 26 Juni 2002 itu merupakan top skorer Piala AFF U18 2019 lalu dengan mencetak 6 gol. Torehan golnya itu menyamai gol milik Dylan Ruiz-Diaz (Australia) dan penyerang andalan Fakhri, Bagus Kahfi.

Timor Leste juga sebenarnya tampil cukup menjanjikan pada Piala AFF U18 2019 yang digelar di Vietnam tersebut. Mereka sempat membantai Brunei dengan skor 7-2 serta menumbangkan Filipina dengan skor 5-2. Akan tetapi kekalahan dari Indonesia, Laos dan Myanmar membuat skuat asuhan Shigeo Yamazaki tersebut menempati posisi empat di Grup H, di bawah Indonesia, Myanmar, dan Laos sehingga gagal lolos ke babak berikutnya.

Selain melawan Timor Leste, Indonesia sendiri tergabung dengan Korea Utara dan Hong Kong di Grup K babak kualifikasi Piala AFC U19 2020 ini. Ajang ini juga menjadi momen bagi Fakhri mematangkan strategi dan kekompakan para pemainnya yang nantinya diproyeksikan tampil pada Piala Dunia U20 pada 2021 mendatang.

Kickoff: Indonesia U19 vs Timor Leste U19 (Live Streaming)





berita olahraga