Lineker sebut perlakuan terhadap pengungsi, ‘rasisme yang menyeramkan’-Spekta Sports

Lineker

Image caption

Gary Lineker menyuarakan kecaman terkait perlakuan terhadap pengungsi yang dinilainya ‘rasis.’

Legenda sepakbola Inggris Gary Lineker mengatakan dia ‘dikemplang sana-sini’ setelah berciut yang mengecam perlakuan terhadap pengungsi anak.

Dia mengatakan bahwa perlakuan terhadap para pendatang yang tiba di Inggris pekan ini tergolong sikap ‘rasis yang menyeramkan.’

Gary Lineker melontarkan cuitannya setelah beberapa surat kabar menyuarakan kecurigaan tentang usia orang-orang yang dipindahkan dari kamp Jungle di Calais yang merupakan bagian dari sistem jalur cepat yang baru untuk membantu anak-anak yang rentan.

Sejumlah pendatang dituduh kelihatan lebih tua dari 18 tahun.

Hak atas foto
TWITTER l LINEKER

Dalam serangkaian twitnya, Lineker mengatakan:

“Perlakuan sebagian kalangan terhadap para pengungsi muda ini amat rasis dan benar-benar tak berperasaan. Apa yang terjadi dengan negara kita?”

“Penasaran, apa yang membuat beberapa orang, semata karena keberuntungan tempat kelahirannya, merasa lebih tinggi derajatnya daripada orang lain.”

“Terima kasih atas dukungan luar biasa. Ini bukti bahwa kebanyakan orang di negeri ini adalah orang-orang terhormat yang peduli pada bangsa manusia.”

Surat kabar The Sun menyerukan BBC untuk memecat Lineker dari posisinya sebagai pembawa acara Match Of The Day karena ikut campur dalam topik ini.

Menurut The Sun, BBC “berada di bawah tekanan untuk memecat” tapi Gary Lineker, namun bekas ujung tombak Inggris itu mengatakan bahwa pemecatan tak akan pernah terjadi terjadi.

Sebuah pernyataan BBC mengatakan: “Gary adalah penyiar lepas dan akun Twitter itu adalah akun pribadinya.”