Juara Piala Dunia Antarklub, Liverpool Cetak Sejarah

Liverpool Gagal Pakai Lencana Juara Dunia di Boxing Day-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool dikabarkan sukses mengajukan banding penggunaan lencana juara dunia pada pertandingan Liga Inggris. Tapi, The Reds gagal menggunakannya pada Boxing Day melawan Leicester City, Kamis (26/12) malam waktu setempat.

Daily Mail mengutip Telegraph mengabarkan Liverpool berhasil mendapat izin menggunakan lencana juara dunia dari Premier League. Liverpool mendapat lencana tambahan dari FIFA setelah mengalahkan Flamengo pada final Piala Dunia Antarklub 2019, akhir pekan lalu.

Namun, Premier League hanya mengizinkan Liverpool menggunakan lencana juara dunia di satu pertandingan, yakni saat melawan Wolverhampton Wanderers pada 29 Desember 2019. Dengan demikian Liverpool tidak akan menggunakan lencana juara dunia saat melawan Leicester.

Penambahan lencana di kostum saat musim tengah berjalan dilarang di Premier League. Pihak Premier League hanya mengizinkan klub menambahkan lencana yang berkaitan dengan kampanye amal.


Hingga kini pihak Premier League hanya mengizinkan Liverpool menggunakan lencana juara dunia di satu pertandingan. Meski begitu manajemen Liverpool masih berusaha melobi Premier League untuk bisa menggunakannya di 2020.

Di luar kompetisi Inggris, Liverpool bisa menggunakan lencana juara dunia di ajang Liga Champions. Sementara untuk bisa menggunakannya di Piala FA, maka Liverpool harus mengajukan permohonan ke Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Liverpool Gagal Pakai Lencana Juara Dunia di Boxing Day

Klub terakhir yang ditolak Premier League terkait penggunaan lencana juara dunia adalah Manchester United, yang merebut gelar Piala Dunia Antarklub pada 2008.
Sepak bola Inggris terbilang ketat masalah peraturan lencana dalam kostum. Sementara di Spanyol, Real Madrid dengan mudah mendapat izin lencana juara dunia dari La Liga pada 2016, 2017, dan 2018.

Liverpool bertandang ke Leicester City dengan keunggulan sepuluh poin di puncak klasemen sementara Liga Inggris. Kemenangan atas The Foxes akan membuat The Reds semakin difavoritkan juara Premier League musim ini.

[Gambas:Video CNN] (har/nva)





berita olahraga