Liverpool Kalahkan Wolves, Klopp Minta VAR Dipercepat

Liverpool Kalahkan Wolves, Klopp Minta VAR Dipercepat-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengkritik wasit terkait penggunaan Video Assistant Referee (VAR) usai kemenangan atas Wolverhampton Wanderers pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (29/12) malam waktu setempat.

Dua momen penting melibatkan VAR terjadi saat Liverpool mengalahkan Wolverhampton. Pertama usai Sadio Mane mencetak gol pada menit ke-42, dan yang kedua terjadi di pengujung babak pertama saat gol Wolverhampton dianulir.

Di dua insiden itu wasit Anthony Taylor mengambil keputusan cukup lama karena menunggu hasil pantauan wasit VAR. Klopp pun tidak suka dengan cara wasit-wasit Premier League mengambil keputusan menggunakan VAR. Pelatih asal Jerman itu menganggap wasit seharusnya bisa mengambil keputusan lebih cepat.

“Sekarang kami di Desember dan memasuki Januari [dengan cuaca dingin]. Para pemain hanya berdiri dan menunggu terlalu lama, itu tidak bagus. Saya lebih memilih jika wasit melihat langsung ke layar,” ujar Klopp dikutip dari Daily Mirror.

Juergen Klopp tidak suka wasit terlalu lama mengambil keputusan mengunakan VAR.Juergen Klopp tidak suka wasit terlalu lama mengambil keputusan mengunakan VAR. (AP Photo/Jon Super)

Wasit Taylor menghentikan pertandingan lebih dari dua menit di dua insiden VAR pada laga Liverpool vs Wolverhampton. Taylor menunggu hingga wasit yang bertugas menjaga VAR Simon Hooper mengambil keputusan.

Liverpool Kalahkan Wolves, Klopp Minta VAR Dipercepat

Penggunaan VAR di beberapa negara berbeda-beda. Di Liga Inggris wasit menunggu wasit VAR untuk mengambil keputusan, sementara di sejumlah liga lain, seperti di Liga Italia, wasit melihat langsung ke layar VAR untuk mengambil keputusan.

Klopp mengatakan sistem penggunaan VAR di Liga Inggris akan memakan waktu, terutama jika wasit harus melihat kemungkinan offside, seperti yang terjadi dengan gol Wolverhampton.

“Jika terjadi offside, maka itu akan memakan waktu. Tapi jika kemungkinan handball akan lebih cepat. Itu cara yang kami lakukan di Inggris saat ini. Kami juga dalam posisi lain [dirugikan] VAR saat melawan Aston Villa. Hal seperti ini bisa terjadi, tidak ada yang suka,” ucap Klopp.

Kemenangan atas Wolverhampton membuat Liverpool kembali unggul 13 poin atas Leicester City di puncak klasemen sementara Liga Inggris.

[Gambas:Video CNN] (har/nva)





berita olahraga