Liverpool Sangat Buas di Bawah Klopp

Liverpool Sangat Buas di Bawah Klopp-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Manajer Liverpool Juergen Klopp baru meraih satu gelar namun sejumlah statistik membuktikan bahwa ia bisa jadi salah satu manajer yang layak dikenang dalam sejarah Liverpool.

Dalam perjalanan empat tahun berada di Liverpool, salah satu catatan paling mencolok adalah torehan gol Liverpool di bawah Klopp sejauh ini. Dari 221 laga yang telah dimainkan di seluruh kompetisi, dikutip dari Sky Sports, Liverpool mampu mencetak 458 gol.

Hal tersebut membuat Liverpool punya rata-rata 2,07 gol per laga. Jumlah tersebut merupakan rata-rata tertinggi dalam 123 tahun sejarah Liverpool. Klopp juga mampu meraih 320 poin dalam 152 laga di Liga Inggris alias rata-rata 2,11 poin per laga.

Keganasan Liverpool terlihat dari jumlah 43 tim yang pernah dibobol empat gol atau lebih oleh Liverpool.

Liverpool berubah drastis di tangan Juergen Klopp.Liverpool berubah drastis di tangan Juergen Klopp.  (AP Photo/Jon Super)

Catatan lain yang membuat Klopp bisa jadi manajer tak terlupakan dalam sejarah Liverpool adalah catatan 92 kemenangan dalam 150 laga awal Liga Inggris. Jumlah itu membuat Klopp jadi manajer dengan jumlah kemenangan terbanyak dibandingkan manajer-manajer Liverpool lainnya.

Klopp juga jadi manajer Liga Inggris pertama yang mampu membawa timnya tiga kali lolos ke final kompetisi Eropa dalam tiga kesempatan pertama mereka berlaga di kompetisi Eropa.
[Gambas:Video CNN]
Kedatangan Klopp ke Anfield sendiri memang jelas mengubah wajah Liverpool. Bila The Reds sebelumnya kesulitan mempertahankan pemain bintang, seperti Luis Suarez dan Philippe Coutinho, maka kini Liverpool menjelma jadi klub dengan kekuatan dahsyat, dari lini belakang ke lini depan.

Liverpool Sangat Buas di Bawah Klopp

Walaupun punya catatan gemilang, Klopp harus menanti hingga akhir musim lalu untuk mempersembahkan trofi pertama untuk The Reds. Klopp beberapa kali mengalami nasib sial karena hanya jadi runner up di Piala Liga, Liga Europa, dan Liga Champions. Tak hanya itu, musim lalu Liverpool juga bernasib kurang beruntung di Liga Inggris karena hanya jadi runner up padahal mengoleksi 97 poin.
Di musim ini, Klopp kembali punya peluang bagus untuk menorehkan sejarah. Liverpool mencatat poin sempurna, 24 angka, di delapan laga awal. Bila Klopp berhasil mengakhiri puasa gelar Liga Inggris untuk Liverpool, Klopp bakal makin memantapkan namanya dalam sejarah Liverpool. (ptr)





berita olahraga