Liverpool vs MU, Hari yang Dinanti Selama 30 Tahun-Spekta Sports

Hasil Piala FA: Pemain Pelapis Liverpool Kalahkan Everton 1-0

Jakarta, CNN Indonesia — Duel Liverpool lawan Manchester United pada Minggu (19/1) adalah hari yang dinanti karena untuk pertama kalinya dalam 30 tahun Liverpool bakal menjamu MU dengan status sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris.

Menurut catatan Opta, kali terakhir Liverpool menjamu MU di Anfield dengan status sebagai pemuncak klasemen adalah pada September 1990. Saat itu Liverpool membungkam MU dengan skor telak 4-0.

Usai kemenangan besar tersebut, Liverpool tak lagi pernah menjamu MU dengan status pemimpin klasemen.

Sejak era Premier League dimulai, MU secara perlahan mampu menggusur dominasi Liverpool di sepak bola Inggris. Koleksi gelar liga Liverpool yang ada di angka 18 buah mampu dikejar MU di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Juergen Klopp tidak mau menganggap remeh persiapan menghadapi MU.Juergen Klopp tidak mau menganggap remeh persiapan menghadapi MU. (AP Photo/Jon Super)

Manchester United kini punya total 20 gelar, unggul dua gelar dibandingkan Liverpool.
Meski Liverpool mampu bersuara lewat kemenangan di Piala UEFA 2001 dan Liga Champions 2005, The Reds tetap kalah bersinar dibandingkan MU era Ferguson yang berhasil mendominasi Liga Inggris serta meraih dua trofi Liga Champions.

[Gambas:Video CNN]
Namun dominasi Liverpool kini perlahan mulai kembali. Di saat MU mulai kesulitan untuk sekadar masuk empat besar, Liverpool telah menjelma jadi tim terbaik di Eropa.

Trofi Liga Champions disusul Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub adalah bukti sahih Liverpool era Jurgen Klopp mulai bisa berbicara banyak.

Liverpool kini bahkan jadi favorit kuat untuk juara Liga Inggris lantaran punya selisih 14 poin dari Manchester City plus satu laga lebih banyak.

Liverpool vs MU 19 Januari, Hari yang Dinanti Selama 30 Tahun

Walau Liverpool ada di atas angin dalam perburuan gelar Liga Inggris, MU juga masih punya modal untuk yakin di laga nanti.
Pasalnya, MU adalah satu-satunya tim yang mampu mencuri poin dari Liverpool musim ini yaitu ketika bermain imbang 1-1 di Old Trafford pada paruh pertama kompetisi Liga Inggris musim ini. (ptr)





berita olahraga