Liverpool vs MU Sama-sama Sering Diuntungkan VAR

Liverpool vs MU Sama-sama Sering Diuntungkan VAR-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool dan Manchester United sama-sama sering diuntungkan dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Liga Inggris musim ini jelang duel kedua tim di Anfield, Minggu (19/1) malam.

Dikutip dari ESPN, sampai dengan saat ini kompetisi Liga Inggris sudah 68 insiden yang menggunakan VAR dengan menghasilkan 17 gol, 37 gol dianulir, 10 penalti, membatalkan 3 penalti, dan 4 penalti diulang.

Dari 68 penggunaan VAR itu, Liverpool 6 kali merasakan teknologi baru tersebut, sedangkan MU 5 kali. Meski demikian, kedua tim tersebut sama-sama baru empat kali merasakan keuntungan penggunaan VAR di musim.

The Reds pertama kali merasakan VAR di Liga Inggris pada 22 September 2019 saat bertandang ke markas Chelsea. VAR menguntungkan Liverpool setelah gol Cesar Azpilicueta dianulir karena Mason Mount offside.

Keberuntungan Liverpool dalam VAR tidak berlaku saat melawan MU di Old Trafford pada 20 Oktober 2019. Gol Sadio Mane pada menit ke-43 dianulir setelah pemain Senegal itu dianggap handball.

Liverpool dan MU sama-sama empat kali diuntungkan VAR.Liverpool dan MU sama-sama empat kali diuntungkan VAR. (AP Photo/Jon Super)

VAR kembali memihak kepada Liverpool setelah gol bek Crystal Palace James Tomkins pada menit ke-43 dibatalkan wasit, 23 November 2019.

Sadio Mane tidak bersahabat dengan VAR setelah golnya dibatalkan karena sudah dalam posisi offside saat melawan Watford di Anfield, 14 Desember 2019.

[Gambas:Video CNN]
Setelah dua kali dibatalkan, gol Mane saat melawan Wolverhampton disahkan VAR setelah sebelumnya Adam Lallana dianggap offside, 29 Desember 2019.

Dalam pertandingan itu The Reds dua kali diuntungkan VAR setelah gol Pedro Neto di menit ke-45 dibatalkan karena offside.

Liverpool dan MU Sama-sama Diuntungkan VAR

Sementara itu, MU hanya lima kali terlibat VAR. Namun empat di antara penggunaan VAR tersebut menguntungkan Setan Merah.

‘Pertemuan’ MU dengan VAR terjadi saat melawan Arsenal di Old Trafford, 30 September 2019. VAR mengesahkan gol Pierre-Emerick Aubameyang yang sebelumnya dianggap offside.

Tetapi, VAR berpihak kepada MU ketika membatalkan gol Mane saat kedua tim bertemu di Old Trafford.

Saat laga tandang ke markas Norwich City, MU dua kali dapat keuntungan VAR yang berbuah dua keputusan penalti. Tetapi, dua penalti itu gagal dimanfaatkan Marcus Rashford dan Anthony Martial menjadi gol.

Terakhir kali The Red Devils merasakan keuntungan VAR dalam Derbi Manchester melawan Man City pada 7 Desember 2019. Ketika itu MU dapat penalti setelah Bernardo Silva dianggap melakukan pelanggaran terhadap Rashford. (sry/bac)





berita olahraga