Laga El Clasico Barcelona vs Madrid Ditunda

Madrid Buruk dalam El Clasico Sepuluh Tahun Terakhir-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Real Madrid memiliki catatan buruk dalam El Clasico yang berlangsung dalam satu dasawarsa terakhir. Los Blancos lebih sering kalah dari sang rival, Barcelona, yang belakangan juga lebih sering menjadi juara liga Spanyol.

Pamor El Real menurun dalam persaingan gelar juara liga domestik. Menjadi penguasa Liga Champions, Madrid tampil kurang impresif di dalam negeri.

Dalam kurun sepuluh tahun terakhir, Madrid menjadi kampiun dalam dua musim saja. Sementara Barcelona finis sebagai pemuncak klasemen sebanyak tujuh kali.

Pertemuan langsung di atas lapangan pun dikuasai Barcelona. Los Blancos tercatat tak pernah menang atas Barcelona dalam enam laga terakhir di La Liga.

Madrid Buruk dalam El Clasico Sepuluh Tahun TerakhirBarcelona lebih sering menang ketimbang Madrid dalam El Clasico satu dasawarsa terakhir. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)

Secara lebih jauh lagi, dari 20 pertemuan sejak 2009, Madrid hanya mampu mengalahkan Barcelona dalam empat laga. Sisanya Barcelona menang 13 kali dan keduanya bermain imbang dalam tiga pertandingan.

Pertemuan terakhir antara dua klub raksasa Spanyol itu berakhir dengan skor 1-0. Ivan Rakitic menjadi pembeda melalui gol pada babak pertama.

[Gambas:Video CNN]
Sedangkan kali terakhir Madrid meraih kemenangan atas Barcelona terjadi di ajang Piala Super Spanyol 2017.

Pelatih Zinedine Zidane pun hanya membawa Madrid menang satu kali atas Barcelona di ajang La Liga, tepatnya pada musim 2015/2016, empat lainnya berakhir dengan dua kekalahan dan dua hasil seri.

Madrid Buruk dalam El Clasico Sepuluh Tahun Terakhir

Sedangkan head to head Zidane dengan Ernesto Valverde lebih sering dimenangkan mantan gelandang Madrid dan timnas Prancis tersebut, dengan catatan lima kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Tetapi mayoritas kemenangan dibukukan Zidane ketika Valverde masih menangani Athletic Bilbao.

Pemenang dalam laga El Clasico Kamis (19/12) dini hari bakal memimpin klasemen liga Spanyol. Untuk sementara Barcelona menempati posisi teratas disusul Madrid. Keduanya sama-sama memiliki 35 poin. (jal)





berita olahraga