Makna Lukisan Ciuman Pique-Ramos Jelang Barcelona vs Madrid

Makna Lukisan Ciuman Pique-Ramos Jelang Barcelona vs Madrid-Spekta Sports

Jakarta, CNN Indonesia — Ada momen unik jelang duel panas El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid. Sebuah lukisan Gerard Pique dan Sergio Ramos berciuman jadi sorotan.

Dua pemain yang dikenal memiliki rivalitas itu tentu saja tidak berciuman secara langsung. Pique dan Ramos tampak berciuman lewat sebuah grafiti di kawasan pusat kota Paseo de Gracia.

Lukisan tersebut merupakan karya seniman urban, Tvboy, yang diberi judul ‘Spain Kiss and Talk’. Ini merupakan representasi perdamaian yang diwakili Pique (Catalunya) dan Ramos (Spanyol).

Diketahui, duel kedua tim seharusnya berlangsung pada 26 Oktober mendatang. Namun, pertandingan ini ditunda karena ketidakstabilan situasi politik di Catalunya.

Makna Ciuman Pique-Ramos Jelang Barcelona vs Madrid

Saat itu, terjadi protes besar-besaran di Catalunya. Protes ini merupakan efek dari keputusan pemerintah Spanyol menjatuhkan hukuman penjara bagi sembilan tokoh separatis di Catalunya.

Tvboy menggunakan Pique dan Ramos sebagai representasi Catalunya dan Spanyol. Kedua simbol tersebut diharapkan mengedepankan dialog dalam upaya proses damai di antara kedua pihak.

Sebelumnya, TVboy juga melukis Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dengan ciuman yang penuh gairah pada 2017. Lukisan tersebut diberi judul ‘Love is Blind’.

Pique dan Ramos bakal berhadapan di Camp Nou, Rabu (18/12) waktu setempat. Keduanya sempat berseteru karena terbawa rivalitas El Clasico namun bahu-membahu di timnas Spanyol. (jun/ptr)





berita olahraga